uefau17.com

Sari Kreasi Boga Ekspansi Dua Lini Usaha - Saham

, Jakarta - PT Sari Kreasi Boga Tbk (RAFI) akan menambah dua kegiatan usaha pada 2023 antara lain industri produk roti dan kue serta industri makanan dan masakan olahan.

Penambahan dua kegiatan usaha PT Sari Kreasi Boga Tbk telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Rabu, 28 Juni 2023.

“Memasuki sektor produksi dan memperkuat bisnis di hilir, merupakan inisiatif perusahaan untuk meningkatkan nilai tambah sehingga diharapkan juga memberikan nilai tambah bagi para pemegang saham,” kata Direktur Utama PT Sari Kreasi Boga Tbk atau SKBFood dikutip dari Antara, ditulis Minggu (2/7/2023).

Kegiatan pada sektor produksi dan hilirisasi lainnya, ia menuturkan akan semudah mempertebal keuntungan, seiring tetap agresifnya perseroan dalam bisnis rantai pasok bahan baku makanan, sehingga akan terjadi keseimbangan terhadap kontribusu pendapatan.

Ia mengatakan, kontribusi usaha rantai pasok bahan baku makanan dan minuman terhadap pendapatan perusahaan sekarang mencapai 80 persen. Sedangkan 20 persen sisanya adalah kontribusi dari restoran dan bisnis waralaba termasuk Kebab Turki Babarafi.

“Penguatan sektor hilir adalah salah satunya dalam rangka menjaga porsi kontribusi sebesar 20 persen tersebut terhadap pendapatan. Selain tentunya juga dalam rangka meningkatkan diversifikasi produk, sehingga dengan cara ini perseroan tetap menjaga kreativitas di industri,” tutur dia.

Eko menambahkan, perseroan akan memperkuat bisnis di mancanegara, dengan sejumlah negara akan menjadi tujuan ekspansi, terutama di Asia Tenggara, Asia Tengah dan negara di kawasan Timur Tengah.

Pihaknya memastikan Malaysia dan Azerbaijan akan menjadi tujuan awal ekspansi yang mana perseroan akan menjalankan usaha suplasi bahan baku makanan dan pengelolaan restoran bermerek di kedua negara itu.

“Terutama memang di Asia Tenggara, Asia Tengah dan Timur Tengah. Pada intinya kegiatan usaha yang dijalankan adalah pengolahan raw material berupa operasional resto dan supply food,” tutur Eko.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Libatkan UMKM

Eko menuturkan, dari dalam negeri, perseroan tetap akan melibatkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di bidang kuliner yang merupakan bagian dari komitmen untuk tetap tumbuh dan berkembang bersama-sama dengan pelaku lain di industri.

“Semoga upaya yang kami jalankan ini bisa menjadi tambahan semangat bagi pelaku UMKM kuliner di Indonesia untuk semakin maju dan berkembang secara jangka panjang,” tutur dia.

Sepanjang 2022, perseroan mencatat laba bersih Rp 12,42 miliar atau merosot 12,28 persen year on year (yoy) dibandingkan Rp 14,16 miliar pada 2021.

Perseroan membukukan pendapatan yang naik 220,96 persen pada 2022 menjadi Rp 375,88 miliar dari sebelumnya Rp 117,11 miliar. Pendapatan bahan baku dan bahan pembantu tercatat sebesar Rp 354,11 miliar, pendapatan makanan dan minuman Rp 19,56 miliar dan pendapatan waralaba Rp 2,17 miliar.

3 dari 4 halaman

Saham RAFI, dari Lantai Trotoar ke Bursa Efek Indonesia

 Sebelumnya, PT Sari Kreasi Boga Tbk resmi tercatat di papan akselerasi Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham RAFI pada Jumat (5/8/2022). 

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI), Iman Rachman mengatakan, RAFI resmi menjadi perusahaan tercatat ke-34 pada  2022  dan  menjadi perusahaan tercatat saham ke-800.

“Selamat atas pencatatan saham PT Sari Kreasi Boga Tbk atas upaya dan kerja kerasnya. Sehingga hari ini telah berhasil mencapai satu milestone baru dalam pengembangan perusahaan dengan mencatatkan perusahaannya di Bursa Efek Indonesia,” kata Iman dalam Seremoni Pencapaian Perusahaan Tercatat ke-800 di BEI dan Pencatatan Perdana Saham RAFI. 

Iman berharap, dengan  dicatatkan saham PT Sari Kreasi Boga Tbk dapat memberikan semangat dan warna baru di pasar modal Indonesia.

“Pencatatan saham PT Sari Kreasi Boga Tbk hari ini merupakan hari yang spesial, karena hari ini milestone bagi Bursa Efek Indonesia, perusahaan, dan pasar modal Indonesia. PT Sari Kreasi Boga atau RAFI adalah emiten yang ke-800 yang mencatatkan sahamnya pada hari ini,” ungkapnya. 

Sementara itu, Direktur Utama PT Sari Kreasi Boga Tbk, Eko Pujianto mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu kelancaran pencatatan saham perusahaan di BEI.

"PT Sari Kreasi Boga Tbk atau disingkat SKB Food kami melantai dengan kode saham RAFI adalah perusahaan yang bergerak di bidang waralaba makanan dan minuman serta food supply bahan baku makanan,” ujar dia.

 

4 dari 4 halaman

UMKM Naik Kelas

Dia menambahkan, PT Sari Kreasi Boga Tbk memiliki visi perusahan menjadi perusahaan makanan dan minuman Indonesia yang terbesar paling menguntungkan dan paling berpengaruh di dunia.

“Salah satu brand yang akrab di telinga kita Kebab Baba Rafi, kami memliki visi perusahan menjadi perusahaan makanan dan minuman Indonesia yang terbesar paling menguntungkan dan paling berpengaruh di dunia,” ungkapnya.

Oleh karena itu, perusahaan akan fokus berorientasi mengembangkan bisnis bukan hanya di Indonesia, bahkan sampai ke mancanegara. Perseroan berharap dengan melantainya PT Sari Kreasi Boga Tbk mampu mewujudkan good corporate governance sebagai landasan Perseroan.

"Dan ini merupakan perjalanan panjang, karena kami berangkat dari UMKM kini mampu naik kelas, dari gerobakan ke IPO, dari lantai trotoar ke lantai Bursa Efek Indonesia,” pungkasnya. 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat