uefau17.com

Perusahaan Unicorn Bersiap IPO, Bagaimana Prospeknya? - Saham

, Jakarta - Sejumlah perusahaan rintisan (startup) berstatus unicorn dikabarkan segera menggelar penawaran saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan ada juga dikabarkan di Amerika Serikat (AS)

Dilansir dari berbagai sumber, ada setidaknya lima startup yang mencuat dalam pemberitaan beberapa waktu terakhir. Di antaranya, Gojek, Bukalapak, OVO, Traveloka, dan Tokopedia.

Namun begitu, daftar nama ini belum secara resmi diumumkan oleh Bursa. Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna mengatakan, nama perusahaan belum bisa diumumkan sebelum waktunya sesuai ketentuan public offering.

“Untuk nama specifik tidak dapat disampaikan. Kecuali sudah right moment untuk di-disclose ke public sesuai ketentuan mengenai public offering,” kata Nyoman kepada awak media, Rabu (17/2/2021).

Sementara itu, Komisaris BEI, Pandu Sjahrir mengapresiasi atas rencana unicorn startup asal Indonesia untuk IPO. Pandu menilai, momentum pandemi COVID-19 yang terjadi sejak tahun lalu turut jadi faktor penting di dalam rencana tersebut.

"Memang waktunya cukup pas ya, melihat momentum gara-gara Covid banyak sekali orang berubah dari bisnis offline menjadi online dan ini bisa kelihatan dari performance banyak perusahaan teknologi," ujar Pandu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagaimana Analis Menilai Prospek IPO dari Perusahaan Rintisan?

Sehubungan dengan itu, Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji menilai investor perlu mencermati kinerja fundamental perusahaan terlebih dahulu.

“Investor juga akan menilai apakah penetapan harga IPO sudah dalam kategori menarik atau tidak dari segi valuasi. Prospek sector growth juga harus dipelajari,” kata dia saat dihubungi .

Senada, Head Of Research Reliance Sekuritas Indonesia, Lanjar Nafi meniai, prospek perusahaan rintisan memang masih belum begitu matang jika di bandingkan perusahaan yang sudah berkiprah cukup lama. Hanya saja, jika perusahaan rintisan tersebut memiliki keunikan dalam bisnisnya tentu akan menjadi minat investor. 

“Dengan adanya birokrasi yang lebih mudah saat ini dibantu dengan kebijakan omnibus law, pemerintah tentu cukup prospektif ke depannya dan dapat dijadikan menjadi salah satu faktor peningkatan tingkat daya saing bisnis di Indonesia,” kata dia saat dihubungi secara terpisah.

3 dari 3 halaman

Apa yang Harus Diperhatikan Investor?

Lanjar menuturkan, beberapa hal yang perlu diperhatikan investor, Terutama segi bisnis.“Dari segi bisnis, yang harus diperhatikan apakah related dengan yang dibutuhkan oleh ekosistem bisnis dan masyarakat saat ini,” kata dia.

Selanjutnya, perlu sekali diperhatikan yakni dari segi pemanfaatan dana IPO. Apakah pemanfaatannya mampu membawa perusahaannya menjadi lebih besar ke depan atau tidak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat