uefau17.com

Jelang Idul Adha 1445 H, Ini Pesan Tauziah Kajati Sulsel ke Jajaran - Regional

, Makassar Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan Agus Salim bersama jajaran menggelar tausiah bertema "Pentingnya Kesadaran Berqurban” di Masjid Baitul Adli Kejati Sulsel, Senin (10/6/2024).

Tausiah ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 yang diperkirakan jatuh pada 10 Dzulhijjah atau 17 Juni 2024.

Ustad Takdir sebagai pembicara dalam acara tausiah menyampaikan bahwa Ibadah qurban merupakan salah satu praktik agama yang memiliki kedalaman makna dan filosofi yang sangat penting untuk dipahami oleh umat muslim. 

Lebih dari sekadar sebuah tradisi, kata dia, qurban mengandung nilai-nilai spiritual, sosial dan kemanusiaan yang mendalam. 

"Penting bagi umat muslim untuk memahami makna dan filosofi di balik ibadah qurban agar dapat melaksanakannya dengan penuh penghayatan dan kesadaran," ucap Ustad Takdir.

Lebih lanjut ia mengatakan, salah satu aspek utama dari ibadah qurban adalah pengorbanan. Ketika seseorang memilih untuk menyembelih hewan qurban, ia mengorbankan sebagian dari harta yang telah diberikan Allah kepadanya. 

Pengorbanan ini, sebut Ustad Takdir, mencerminkan ketaatan dan kepatuhan kepada perintah Allah serta rasa syukur atas segala karunia yang diberikanNya. 

"Dengan mengorbankan sesuatu yang berharga bagi dirinya, seorang muslim menguji kesetiaan dan ketulusan imannya," ujar Ustad Takdir.

"Apa yang harus dilakukan apabila hendak berqurban?, yaitu merenung untuk bersungguh-sungguh melaksanakan qurban sebagaimana hal ini ditegaskan Allah SWT dalam Surat Al Ankabut ayat 69: Allah bersama orang-orang yang berbuat baik. Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh untuk (mencari keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik"," Ustad Takdir menambahkan.

Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan (Kajati Sulsel), Agus Salim mengajak kepada seluruh jajarannya untuk berqurban sebab ibadah qurban mengajarkan nilai solidaritas dan kepedulian sosial. 

Dengan membagikan daging qurban kepada yang membutuhkan, kata Agus, umat muslim diingatkan akan pentingnya berbagi rezeki dengan sesama. 

"Ini mencerminkan ajaran Islam tentang pentingnya memperhatikan kaum lemah dan mendorong terciptanya keadilan sosial dalam masyarakat," kata Agus.

Menurutnya, dengan cara ini ibadah qurban tidak hanya menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah, tetapi juga untuk mempererat tali persaudaraan antar sesama umat manusia. 

"Inilah yang senantiasa menjadi pesan Jaksa Agung agar Kejaksaan senantiasa hadir ditengah-tengah masyarakat," Agus menandaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat