uefau17.com

Percepat Digitalisasi UMKM di Surabaya, Ini Kolaborasi yang Dilakukan Growlab - Regional

, Jakarta Seminar bimbingan intensif bertajuk "Shopee Growth Hack" di IdeaHub Coworking Space, Voza Tower lantai 20, Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu (26/05/2024) lalu sukses digelar.

Acara seminar Growlab, dalam kolaborasi eksklusif dengan Chahraeventplus ini dirancang khusus untuk memberikan bimbingan eksklusif kepada para pelaku UMKM di Surabaya dan sekitarnya yang ingin mengembangkan bisnis mereka secara online, khususnya melalui platform e-commerce Shopee.

CEO & Founder Growlab Oraldo Emeraldi Anggoro menyampaikan visi besar Growlab untuk menjadi wadah inkubator UMKM di seluruh Indonesia. Menurut Oraldo, dimulainya kegiatan ini dari Surabaya didasarkan pada observasi mereka terhadap kurangnya literasi digital di kalangan UMKM di Jawa Timur. 

"Kami melihat bahwa dari segi penjual, Jawa Timur masih kalah jauh dibandingkan dengan Jawa Barat. Harapannya dengan event ini, kita bisa memulai gerakan di Jawa Timur untuk mendigitalisasi UMKM yang ada," ujar Oraldo dalam keterangannya.

Oraldo juga menegaskan bahwa Growlab berencana untuk lebih sering berkolaborasi dengan berbagai komunitas guna menyelenggarakan acara serupa. Ini merupakan langkah awal dalam upaya mereka untuk mempercepat digitalisasi UMKM di seluruh Indonesia, dimulai dari Surabaya. 

Sandy Cristofer Setyono, COO & Co-Founder Growlab, menambahkan, “Kami berharap acara ini mampu memberikan wawasan dan informasi bagaimana para UMKM dapat memaksimalkan potensi bisnis mereka melalui ekosistem digital yang saat ini sudah berkembang dengan pesat.”

Dia juga berharap bahwa setelah mengikuti acara ini, para UMKM akan merasakan dampak signifikan dalam perkembangan bisnis mereka, terutama dalam hal peningkatan pendapatan. Dengan pemahaman yang lebih baik mengenai fitur-fitur e-commerce, para peserta diharapkan mampu mengoptimalkan penjualan mereka di platform seperti Shopee.

Acara ini dihadiri oleh berbagai peserta, salah satunya adalah Margareth, seorang pengusaha UMKM yang berjualan paket bridesmaid di Shopee. Ia mengetahui acara seminar ini dari iklan di media sosial dan memutuskan untuk mendaftar. Sebagai pengusaha yang baru merintis toko online di e-commerce, dia mengaku sangat senang bisa belajar banyak dari tim Growlab.

"Saya jadi paham trik-trik yang bisa dipakai untuk optimasi berjualan di e-commerce. Walaupun saya tetap harus memperbaiki dari segi barang jualan saya, saya jadi tahu langkah-langkah yang harus saya ambil agar barang-barang tersebut bisa dijual secara optimal dan menghasilkan keuntungan," ujar Margareth.

Seminar ini tidak hanya menjadi ajang berbagi pengetahuan, tetapi juga tempat bagi para pelaku UMKM untuk berjejaring dan berdiskusi tentang tantangan dan peluang di dunia digital. Dengan menghadirkan narasumber yang kompeten dan materi yang relevan, Growlab berhasil memberikan pemahaman lebih mendalam tentang ekosistem e-commerce kepada peserta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat