uefau17.com

Hari Surya Sedunia Diperingati Setiap 3 Mei, Berikut Sejarah dan Cara Merayakannya - Regional

, Bandung - Hari Surya Sedunia atau World Solar Day merupakan peringatan yang dirayakan pada tanggal 3 Mei setiap tahunnya. Peringatan ini mempunyai tujuan untuk membuka wawasan kepada masyarakat bahwa matahari merupakan sumber cahaya dan kehidupan di Bumi.

Matahari memiliki peran yang sangat penting karena berkat kehadirannya banyak makhluk yang bisa melangsungkan kehidupannya. Peringatan ini penting untuk selalu dirayakan sebagai pengingat bahwa energi surya memiliki banyak manfaat dalam kehidupan.

Sebagian besar kehidupan di bumi sangat mengandalkan tenaga matahari karena tanpa adanya matahari seluruh makhluk hidup di bumi tidak bisa hidup dan dunia akan gelap hingga memiliki suhu yang dingin.

Melansir dari situs National Today Hari Surya Sedunia diperingati setiap tanggal 3 Mei berdasarkan hasil usulan dari advokat lingkungan Denis Hayes. Saat itu ide Hayes diterima sebagai Hari Surya Nasional.

Namun, pada tahun 1994 peringatannya diubah menjadi peringatan internasional karena pentingnya merayakan peringatan tersebut. Diketahui, peringatan ini memiliki tujuan yang penting terutama untuk membuka pemikiran masyarakat terkait pembangunan berkelanjutan.

Saat ini, perayaannya juga menjadi waktu tepat untuk mempromosikan tentang manfaat matahari sebagai sumber energi terbarukan yang tidak hanya memenuhi kebutuhan masyarakat tetapi juga ramah lingkungan.

Sebagai informasi, energi terbarukan adalah energi yang sumbernya tidak terbatas dan bisa diperbarui secara alami seiring berjalannya waktu. Contoh dari energi terbarukan di antaranya air, panas bumi, angin, matahari atau surya, dan lain-lain.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah Hari Surya Sedunia

Berdasarkan dari situs National Today Hari Surya Sedunia atau World Solar Day bermula dari sebuah kampanye penggunaan energi ramah lingkungan pada 22 April 1970 oleh advokat lingkungan Denis Hayes.

Sebagai sosok yang sering memperhatikan lingkungan dia mengemukakan gagasan tersebut agar masyarakat lebih peka terhadap isu penggunaan energi matahari. Terutama manfaatnya untuk umat manusia di bumi.

Meskipun sudah muncul sejak 1970 gagasan tersebut baru diterima pada tahun 3 Mei 1978. Gagasannya juga ditetapkan sebagai peringatan internasional dan diresmikan oleh Presiden ke-39 AS Jimmy Carter.

Peringatan ini juga berkaitan dengan The Sustainable Development Goals (SDG) atau dengan tujuan pembangunan berkelanjutan. Sehingga penting peringatannya untuk selalu diingat oleh seluruh masyarakat di dunia.

Tujuan dari peringatan ini untuk membuka wawasan dan mengingat seluruh negara di dunia untuk mengambil tindakan dalam melindungi bumi. Sehingga pada tahun mendatang semua orang masih bisa menikmati dunia yang damai dan sejahtera.

3 dari 4 halaman

Inspirasi Merayakan Hari Surya Sedunia

1. Bersuara di media sosial

Cara merayakan Hari Surya Sedunia yang pertama tentunya dengan memberikan suara tentang peringatan tersebut. Karena dengan bersuara di media sosial kita bisa menyebarkan pengetahuan terkait surya dan energi terbarukan kepada seluruh masyarakat.

Kita bisa membuat sejumlah unggahan menarik misalnya postingan foto tertentu, video yang mengedukasi tentang manfaat energi surya atau memberikan informasi tentang fakta menarik energi surya atau matahari.

2. Melakukan kegiatan ramah lingkungan

Tips kedua yang bisa dilakukan dalam merayakan Hari Surya Sedunia dengan mengajak masyarakat atau komunitas lokal melakukan kegiatan yang ramah lingkungan. Misalnya kegiatan menanam pohon atau menanam tanaman bermanfaat lainnya.

Hal tersebut berkaitan dengan peringatan ini karena matahari adalah sumber energi utama untuk tumbuhan. Kemudian pohon juga memiliki dampak yang sangat positif untuk bumi dan lingkungan.

4 dari 4 halaman

Berikutnya

3. Mengikuti acara seminar

Beberapa organisasi atau pemerintah biasanya ada yang menggelar acara seminar atau membuka diskusi terkait energi surya. Pada momen tersebut kita bisa mengikuti seminarnya untuk menambahkan wawasan kepada kita.

Beberapa acara bahkan sering mengundang ahli energi surya, aktivis lingkungan, atau sosok lainnya yang bisa menambah wawasan kita terkait energi surya dan manfaatnya bagi kehidupan manusia.

4. Menggunakan energi surya

Cara terakhir yang bisa dilakukan dalam merayakan Hari Surya Sedunia adalah dengan memanfaatkan energi surya itu sendiri. Misalnya, kita bisa menggunakan energi surya berupa panel surya di tempat umum atau komunitas lokal sebagai bentuk komitmen.

Menggunakan energi surya menjadi contoh nyata tentang manfaat energi surya dalam kehidupan manusia saat ini dan menjadi pembuka untuk menginspirasi banyak orang melakukan hal yang sama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat