uefau17.com

Pj Gubernur Jabar Beberkan Persiapan Jelang Mudik Lebaran, Perbaikan Jalan Rusak Target Tuntas H-2 - Regional

, Sukabumi - Sepekan menjelang libur panjang perayaan Idulfitri 1445 Hijriyah, Pemerintah Provinsi Jawa Barat mempersiapkan perbaikan infrastruktur jalan untuk kelancaran arus mudik yang diperkirakan mencapai 193 juta pergerakan antar kota, didominasi Jawa Barat.

"Pergerakan masyarakat dari hasil survei nasional sekitar 193 juta, tapi memang yang paling banyak Jawa Barat," kata Penjabat Gubernur Jabar, Bey Machmudin, di DPRD Kota Sukabumi, Selasa (2/4/2024).

Setidaknya ada 320 ruas jalan provinsi di yang akan diperbaiki, termasuk di wilayah kota dan Kabupaten Sukabumi. Rencananya perbaikan itu ditargetkan tuntas hingga H-2 Idulfitri. Bey juga menyoroti soal upaya stabilitas bahan pangan menjelang lebaran. Salah satunya dengan menggelar pasar murah.

"Terkait dengan jalan rusak dari kami masih ada sekitar 200 atau 300 yang masih diperbaiki ya nah itu harus selesai targetnya H-10 tapi sepertinya sampai H-2 masih dikerjakan hampir merata tapi detailnya nanti saya kabari," ujarnya.

"Ya itu salah satu cara kami pemerintah, baik pemerintah provinsi, pemerintah kota untuk membantu masyarakat mendapatkan harga pangan dengan harga yang wajar ini juga untuk membantu menekan inflasi," sambung dia. 

Lebih lanjut, pemerintah menilai pergerakan masyarakat dalam merayakan Idulfitri di kampung halaman akan melonjak tiap tahunnya. Mengantisipasi hal tersebut, koordinasi lintas sektoral menjadi kunci penting dalam pelaksanaan arus mudik tahun 2024. Guna memastikan setiap warga dapat melaksanakan ibadah dengan aman, nyaman, dan tenteram.

"Tentunya koordinasi kunci utama, khususnya memberikan keamanan dan kenyamanan selama masyarakat merayakan Idul Fitri," tutupnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat