uefau17.com

Cerita Petani Cirebon Belanja Pupuk Non Subdisi Harga Murah - Regional

, Cirebon Keresahan petani imbas berkurangnya pupuk subsidi di berbagai daerah sedikit terjawab. Ribuan petani Cirebon rela mengantri di gudang untuk membeli pupuk non subsidi yang disediakan Pupuk Kujang.

Pantauan di lokasi, mereka rela mengantre dengan tertib mulai dari registrasi di lokasi gebyar diskon pupuk murah di Gudang Lini 3 Kedawung, Cirebon. Setelah registrasi, mereka diarahkan panitia untuk melakukan transaksi di meja berbeda.

BACA JUGA: VIDEO: Muncul di Lomba Bulu Tangkis, Iptu Rudiana Ayah Eky Dikecam Pengacara Pegi dan Liga Akbar
BACA JUGA: VIDEO: Viral Ogoh-ogoh di Cirebon Terbakar Akibat Pria Nyalakan Flare
BACA JUGA: VIDEO: Alat Bukti Dianggap Lemah, Pengacara Pegi Minta Polisi Eksaminasi Kasus Vina dari Nol

Setelah transaksi, mereka mendapat tanda terima untuk membeli pupuk non subsidi yang sudah dialokasikan sesuai kebutuhan. Para petani juga mendapat kupon hadiah yang disediakan panitian sembari menunggu giliran mengambil pupuk non subsidi.

"Senang bisa beli pupuk non subsidi apalagi harganya murah diskon lagi sampai 40 persen," ujar salah seorang petani asal Desa Bakung Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon Muslimin (62), Senin (5/2/2024).

Muslimin dan petani yang lain berangkat sejak pagi membawa motor untuk mengangkut hasil pembelian pupuknya. Ia mengatakan, memebeli tambahan pupuk non subsidi sebanyak 40 kilogram.

Ia mengaku bersyukur adanya program diskon pembelian pupuk yang digelar pemerintah secara serentak ini. Menurutnya, kegiatan tersebut perlu digelar minimal satu tahun sekali.

"Alhamdulillah ada tambahan pupuk dan cukup untuk memenuhi kebutuhan lahan padi saya 2 hektare. Tiap tahun menjelang musim tanam selalu ada pengurangan pupuk subsidi," ujar Muslimin.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Stok Pupuk

Sementara itu, Direktur Utama PT Pupuk Kujang Maryono mengatakan, pemberian diskon tersebut dalam rangka upaya percepatan masa tanam. Kegiatan tersebut, kata dia, menjadi salah satu program prioritas Menteri BUMN Erick Thohir.

Maryono menyebutkan, Pupuk Kujang memberikan diskon pupuk non subsidi sebesar 40 persen. Dari harga normal Rp 450 ribu per 25 kilogram menjadi Rp 270 ribu per karung berat 25 kilogram.

"Pupuk Phonska dan NPK yang kami beri diskon, selain itu petani juga bisa melihat langsung kondisi di gudang kami bahwa pasokan pupuk di wilayah Cirebon masih mencukupi jadi petani tidak perlu risau lagi mengenai pupuk subsidi," ujar Maryono.

Ia mengatakan, gebyar diskon tersebut digelar di sejumlah titik yang ada di Indonesia. Maryono menyebutkan, pasokan pupuk subsidi di wilayah Cirebon mencapai 460 persen atau 11 ribu ton dari kebutuhan dan 450 persen kebutuhan nasional.

Maryono mengatakan, dalam program diskon tersebut, Pupuk Indonesia memberokan 5000 kupon kepada petani dengan total 250 ton pupuk. Kendati demikian, ia mengatakan, program diskon juga tak hanya dilakukan Pupuk Indonesia.

"Sebenarnya ada beberapa program diskon tapi tidak tersentral seperti sekarang. Biasanya diskon ada di kios-kios dan baru ini di fokuskan satu titik," ujar dia.

Sementara itu, Maryono mengatakan, untuk mendapatkan pasokan pupuk non subsidi para petani cukup menunjukkan KTP Elektronik. Sehingga, penyalurannya tepat sasaran kepada petani.

Pada kesempatan yang sama, Maryono menyebutkan, pemerintah menambah alokasi dana Rp 14 triliun pupuk subsidi tahun 2024. Ia memastikan, penyaluran diskon pupuk non subsidi sesuai dengan alokasi jumlah petani yang terdata.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat