uefau17.com

11 Drama Korea Populer yang Terinspirasi dari Kisah Nyata - Regional

, Yogyakarta - Serial drama Korea (drakor) terkenal dengan alur cerita fantasi, romansa, horor, thriller, supernatural, hingga fantasi. Kisah-kisahnya yang unik juga sering kali tak lepas dari realitas di kehidupan sehari-hari.

Untuk itu, drakor juga terkenal dengan penyampaian cerita yang dianggap realistis dengan permasalahan atau isu di dunia nyata. Meskipun genre seperti fantasi, sejarah, horor, dan supernatural merupakan elemen yang tidak dapat dipisahkan dari serialnya, mereka memiliki kisah nyata sebagai dasar.

Berikut ini sejumlah drakor kisah nyata:

1. Taxi Driver (2021)

Seorang mantan prajurit Kopassus beralih menjadi sopir taksi. Namun ia juga menerima tawaran kepada kliennya yang ingin membalas dendam sebab tidak bisa mendapatkan keadilan melalui sistem hukum. Dari beberapa penuturan, beberapa kasus yang ditangani sang supir taxi tersebut berdasarkan kisah nyata.

2. Juvenile Justice (2022)

Drakor ini diangkat dari kisah nyata. Kisahnya menampilkan seorang hakim pengadilan yang baru diangkat. Sang hakim itu memiliki kepribadian yang dingin dan jauh mengabaikan adat istiadat, ia juga menegakkan hukumnya sendiri dengan membawa perubahan inovatif.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Six Flying Dragons (2015)

3. Six Flying Dragons (2015)

Berdasarkan karakter kehidupan nyata dan fiksi dari akhir era 1300-an, akhir dinasti Goryeo, drama ini menggambarkan kisah ketegangan dan situasi rawan pertempuran sebelum terbentuknya era baru.

3. Queens for Seven Days (2017)

Drama ini menampilkan kisah nyata Ratu Dangyeong yang pemerintahannya berakhir hanya dalam 7 hari, drama ini merupakan drama romantis yang diangkat berdasarkan sejarah yang ada di Korea Selatan.

4. D.P. (2021)

Drama ini sebelumnya berbentuk webtoon karya Kim Bo Tong. Karena populer, pihak rumah produksi ingin mengangkat drama ini ke layar perak. Drama ini menggambarkan kisah nyata polisi Korea dan tindakan keras mereka untuk menangkap desertir.

5. Move to Heaven (2021)

Serial ini diangkat berdasarkan esai non-fiksi yang ditulis oleh Kim Sae Byul dengan judul 'Things Left Behind'. Kisahnya yang berisi pengalaman traumatis kehidupan nyata, drama ini menampilkan kisah seorang mantan narapidana yang memulai bisnis pembersihan trauma setelah kembali dari penjara sementara juga merawat keponakannya yang autis.

6. Crash Landing on You (2019)

Siapa sangka, salah satu drakor yang terkenal di dunia ini merupakan serial yang diangkat dari kisah nyata. Cerita ini diadaptasi dari kecelakaan paralayang yang menimpa aktris Jung Yang pada 2008.

Drama ini secara akurat menggambarkan kehidupan di Korea Utara. Ketika seorang pewaris miliarder mendarat di Korea Utara setelah kecelakaan paralayang, seorang petugas khusus Korea Utara melindunginya dan mengirimnya pulang ke Korea Selatan.

 

3 dari 3 halaman

Signal (2016)

7. Signal (2016)

Dengan twist alur cerita fantasi di mana walkie-talkie menghubungkan dua detektif dari timeline berbeda, drama kriminal ini didasarkan pada kisah kriminal nyata seperti kasus penculikan Park Chorong Bitnari dan kasus pembunuhan Hwasong yang melibatkan pemerkosaan dan pembunuhan sepuluh wanita di Gyeonggi.

8. Fight For My Way (2017)

Menurut penulis drama ini, Fight For My Way terinspirasi dari kehidupan seorang seniman bela diri campuran dan istrinya. Drama ini dengan indah menggambarkan kisah seorang petarung MMA yang pernah menjadi pemain taekwondo terkenal dan calon pembawa acara televisi yang bekerja di department store.

9. Hwarang (2016)

Dibintangi oleh V BTS yang terkenal, dan bintang terkenal lainnya seperti Park Seo-joon, Park Hyung-sik, drama ini didasarkan pada sejarah Korea pada usia 57 SM dan 935 M. Ceritanya menampilkan sekelompok pemuda elit yang dipilih dan dilatih untuk melindungi raja.

10. Through the Darknes (2022)

Drakor ini menggambarkan mistik dan ketegangan, drama ini didasarkan pada otobiografi profiler pertama Korea, Ko Na-mu. Dengan pemikiran inovatifnya, Ko Na-mu membantu menyelesaikan berbagai kasus pembunuhan.

11. Reply 1988 (2015)

Kisah dari Reply 1988 ini terinspirasi oleh kehidupan pemain Go Lee Chang-ho yang juga dikenal sebagai "Stone Buddha" adalah pemain Go profesional termuda di usia 11 tahun. Drama ini menampilkan nostalgia kehidupan tahun 80-an di Korea yang banyak menarik perhatian.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat