uefau17.com

5 Januari Diperingati Sebagai Hari Penulis Skenario, Intip Cara Merayakannya - Regional

, Bandung - Hari Penulis Skenario diperingati oleh masyarakat di seluruh dunia pada 5 Januari setiap tahunnya. Peringatan ini mempunyai tujuan untuk mengingat bagaimana jasa para penulis yang telah bekerja siang dan malam untuk menghadirkan cerita-cerita menarik.

Peringatan ini juga bisa menjadi salah satu perayaan yang membuat masyarakat mengetahui bagaimana pentingnya sosok penulis skenario. Pasalnya menjadi penulis skenario banyak film atau cerita-cerita layar lebar yang memberikan hiburan kepada masyarakat.

Skenario merupakan rangkaian cerita yang ditulis rinci menguraikan urutan adegan, tempat, keadaan, hingga dialog dalam konteks struktur dramatik. Adapun tugas seorang penulis skenario untuk menentukan bagaimana sebuah adegan akan terlihat di layar.

Seseorang yang bekerja sebagai penulis skenario biasanya merupakan seorang pekerja kreatif yang dibutuhkan untuk tayangan sinetron atau film. Penulis skenario harus mahir menciptakan alur, konflik, hingga karakteristik tokoh.

Mereka juga harus menulis menggunakan bahasa gambar sehingga berbeda dengan bahasa tulisan yang ada dalam cerita-cerita. Salah satu perbedaan besarnya adalah penulis skenario menulis seolah-olah sebagai refleksi dari kamera.

Peran penulis skenario sangat penting karena sosoknya harus bisa menjelaskan sebuah gambar atau adegan dalam bentuk narasi yang mudah dipahami. Naskah atau skenario tersebut lah yang akan menjadi panduan baik untuk pemain karakter film dan kru.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah Hari Penulis Skenario

Mengacu dari Nationaltoday, Amerika dikenal sebagai salah satu negara yang sangat cinta terhadap sinema sudah ada sejak satu abad yang lalu. Bahkan film ada sebelum adanya perekam video.

Hasrat dalam bercerita dalam bentuk sandiwara juga sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu dan terlepas dari medianya bentuk penyampaian cerita telah ada di setiap masyarakat yang terorganisir.

Ketika ada cerita untuk diceritakan sosok penulis skenario lah yang akan menemukan cara sempurna dalam menceritakannya. Penulis skenario mempunyai tugas penting dalam menentukan bagaimana sebuah adegan akan terlihat di layar.

Selain itu, penulis skenario yang baik bisa mengesampingkan kekurangan produksi atau kurangnya bakat akting dengan membangun keseluruhan adegan di layar menjadi menarik untuk disaksikan.

Bahkan penulis skenario sering bekerja di bawah tekanan yang besar karena sering diminta untuk melakukan perubahan dalam waktu yang singkat. Mereka juga bekerja sama dengan peneliti, pakar budaya, hingga sejarawan agar membangun alur cerita yang mudah.

Melihat bagaimana peran penulis skenario pada tahun 2016 sebuah publikasi online mendeklarasikan tanggal 5 Januari sebagai Hari Penulis Skenario. Peringatan ini tentu untuk menghormati kontribusi yang besar dari para penulis skenario.

3 dari 4 halaman

Cara Merayakan Hari Penulis Skenario

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Penulis Skenario:

1. Mengirimkan ucapan terima kasih kepada penulis skenario terbaik

Kamu bisa mengirimkan ucapan terima kasih kepada penulis skenario terbaik atau favorit di media sosial. Ucapan terima kasih tersebut bisa dilakukan dengan mengirim pesan, update status, atau komentar di media sosial sang penulis skenario.

2. Maraton film atau serial televisi karya penulis skenario favorit

Merayakan Hari Penulis Skenario juga bisa dengan cara menonton film atau serial televisi yang merupakan karya sang penulis skenario favoritmu. Selain menyenangkan kamu juga bisa menghargai proses kreatif sang penulis.

Selain menonton kamu juga bisa menyimak adegan-adegan dalam film yang ternyata hal tersebut tidak terlepas dari peran para penulis skenario untuk bisa membantu pemain dan kru dalam karya tersebut.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Mencoba menulis skenario sendiri

Kamu juga bisa merayakan Hari Penulis Skenario dengan mencoba membuat karya skenario tersendiri. Pembelajaran menulis skenario juga banyak dibagikan di internet atau kamu bisa melihat materi yang pernah diberikan oleh para penulis skenario profesional lainnya,

Menulis skenario juga bisa membuka pengetahuanmu untuk mengetahui bagaimana proses dari skenario film atau serial yang biasa digunakan dalam sinema favoritmu.

4. Menonton pembacaan skenario

Acara pembacaan skenario biasanya ada dalam sebuah pertunjukan online sehingga kamu akan memahami bagaimana proses dari pembacaan skenario. Kamu akan mendapatkan inspirasi hingga membuka wawasan baru karena melihat acara tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat