uefau17.com

Sejarah Hari Introvert Sedunia dan Ragam Cara untuk Merayakannya - Regional

, Bandung - Pada 2 Januari setiap tahunnya ternyata diperingati sebagai Hari Introvert Sedunia atau World Introvert Day. Peringatan ini menjadi peringatan yang unik dan mempunyai tujuan dalam memahami para introvert di seluruh dunia.

Peringatan ini bahkan diperingati setelah perayaan Tahun Baru yang sangat identik dengan aktivitas ramai dan berkumpul-kumpul dengan orang terdekat. Di mana Hari Introvert Sedunia bisa membuka pandangan masyarakat tentang orang-orang tersebut.

Tujuan dari peringatan ini tidak hanya untuk membuka pandangan tetapi juga untuk memahami bahwa seorang introvert memang membutuhkan ruang. Jika kita telah memahami hal tersebut tentunya kita akan memberikan ruang yang cukup sebagaimana yang mereka butuhkan.

Introvert merupakan orang dengan kualitas tipe kepribadian introversi. Diketahui hal tersebut membuat mereka merasa lebih nyaman terhadap pemikiran dan gagasan batin ketimbang apa yang terjadi pada eksternal atau lingkungan sekitar.

Introvert adalah kebalikan dari gagasan ekstraversi dan umumnya memiliki hal-hal yang mengarah ke dalam pikiran mereka sendiri daripada secara konsisten fokus kepada luar objek eksternal.

Seseorang yang introvert mempunyai ciri-ciri tersendiri misalnya intuitif, termasuk pendiam, pendiam, dan introspektif. Introvert juga dikenal sebagai pribadi yang berinteraksi dengan lingkungannya dan orang lain melalui proses mental internalnya.

Pikiran dan perasaan mereka menjadi satu paduan dalam seorang introvert memahami dan bergerak melalui dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah Hari Introvert Sedunia

Mengutip dari daysoftheyear, Hari Introvert Sedunia mempunyai tujuan khusus dalam menyadarkan dunia introvert yang berfokus pada diri sendiri. Serta menunjukkan bahwa tindakan dan kebiasaan mereka tidak menjadikan sosoknya kurang dari biasanya.

Sementara itu, dari banyaknya penelitian menunjukkan jika introvert meskipun mereka sangat membutuhkan waktu menyendiri mereka adalah kelompok minoritas penting yang bekerja di balik layar dunia ekstrovert agar dunia tetap berfungsi.

Melalui peringatan Hari Introvert Sedunia seseorang bisa memanfaatkan waktu ini untuk beristirahat setelah melalui peristiwa seru di hari raya besar seperti pergantian tahun. Seorang introvert bisa memulihkan tenaganya dengan melakukan hobi yang mereka sukai.

Sehingga, 2 Januari cocok menjadi tanggal untuk memperingati Hari Introvert Sedunia. Diketahui bahwa peringatan Hari Introvert Sedunia pertama kali didirikan pada 2011 oleh Introvert, Dear.

3 dari 4 halaman

Cara Merayakan

Berikut ini adalah beberapa cara untuk merayakan Hari Introvert Sedunia yang mungkin bisa kamu lakukan:

1. Menghabiskan Waktu Sendiri

Salah satu cara merayakan Hari Introvert Sedunia tentunya dengan menghabiskan waktu sendiri. Kamu bisa menghabiskan waktu atau me time dengan kegiatan-kegiatan yang memang ingin kamu lakukan sendiri.

Misalnya saja dengan membaca buku, menonton film atau serial yang disukai, mendengarkan musik, dan kegiatan lainnya. Kamu juga bisa menghabiskan waktu sendiri dengan melakukan hal-hal kreatif misalnya menulis, melukis, dan lain-lain.

2. Melakukan Kegiatan yang Disukai

Sama seperti nomor pertama kamu bisa melakukan semua kegiatan yang kamu sukai pada peringatan ini. Misalnya kamu suka berjalan-jalan atau berkendara sendiri ke tempat baru yang ingin kamu kunjungi.

Kemudian kamu juga bisa melakukan kegiatan seperti berbelanja, olahraga dan hal-hal lain yang kamu sukai.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Menghabiskan Waktu Mengembangkan Hobi Pribadi

Menghabiskan waktu dengan mengembangkan hobi pribadi bisa jadi cara paling menarik untuk merayakan hari tersebut. Kamu tidak hanya bisa merehatkan diri tetapi juga bisa bersenang-senang dengan hobi yang kamu sukai.

Misalnya saja kamu mempunyai hobi bermain game kamu bisa bermain game sepuasnya. Selain itu jika kamu mempunyai hobi yang bisa mengasah skill mu berarti kesempatan ini sangat memberikan dampak yang positif untukmu.

4. Melakukan Meditasi atau Yoga

Kegiatan meditasi atau yoga bisa menjadi salah satu cara kamu merayakan Hari Introvert Sedunia. Bahkan kegiatan ini dapat membantu kamu menjernihkan pikiran, kesehatan, dan juga memberikan ketenangan.

5. Merawat Diri

Merayakan Hari Introvert Sedunia dengan merawat diri sendiri bisa menjadi salah satu cara merayakan yang patut kamu lakukan. Pasalnya dengan merawat diri sendiri kita bisa berada dalam kondisi tubuh dan mental yang positif.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat