uefau17.com

Predrag Lukic, Pelatih Baru Bima Perkasa Jogja Pernah Melatih di Jerman dan Asia - Regional

, Yogyakarta - Bima Perkasa Jogja akhirnya menunjuk Predrag Lukic sebagai pelatih tim untuk musim kompetisi Indonesia Basketball League (IBL) 2024. Penunjukkan pelatih asal Serbia itu sebagai langkah awal untuk untuk mempersiapkan tim lebih awal.

Pengumuman itu dipublikasikan manajemen Bima Perkasa Jogja lewat akun media sosial resminya pada Senin (11/12/2023) malam kemarin. Sebelumnya pihak manajemen telah lebih dulu mengenalkan Vice President baru Mikael Radithe Badra Kumala, dan Direktur PT Bima Perkasa Management Berchman Heroe.

Predrag Lukic ternyata bukan nama baru di kompetisi basket tanah air. Pada 2022 lalu ia sempat menjadi nakhoda tim NSH Mountain Gold Timika. Namun, saat itu, tim asal Timur Indonesia itu mengalami krisis pada awal musim.

Mereka bahkan sempat kalah 0-5. Inkonsistensi tim itu kemudian terus berlanjut hingga seri ketiga. Bahkan, Mountain Gold mengalami lima kekalahan beruntun sejak 26 Februari hingga 12 Maret 2023.

Rekor buruk NSH Mountain benar-benar menghantui sampai masuk masa jeda. Mereka hanya memperoleh lima kemenangan dari 19 pertandingan. Oleh sebab itu, manajemen memutuskan untuk mengganti Predrag Lukic dengan Agus Pamungkas Batbual.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Profil Predrag Lukic

Rekor Predrag Lukic di IBL musim lalu mungkin tidak baik. Namun ternyata ia merupakan salah satu pelatih yang berpengalaman. Sejumlah tim basket asal Asia dan Jerman pernah ia tangani selama berkarier sebagai pelatih.

Dari hal tersebut manajemen Bima Perkasa tampaknya meniai jika pelatih kelahiran tahun 1986 ini cocok untuk menjadi pelatih kepala musim ini. Asal tahu saja, musim lalu Bima Perkasa dinakhodai oleh Efri Meldy yang saat ini melatih Kestaria Bengawan Solo.

Bersama Efri Meldy tim basket profesional satu-satunya asal DIY itu berhasil menembus babak playoff. Untuk itu, tugas Predrag Lukic akan cukup berat dengan ekspektasi prestasi Bima Perkasa Jogja lebih meningkat musim nanti.

Adapun, Lukic pernah menjadi pelatih tim Thang Long Warriors, di VBA, selama 2020-2022. Lukic juga pernah menangani tim BBC US Heffingen, Luxeembourg. Tak hanya itu, ia juga pernah melatih di liga bola basket China.

Predrag Lukic sempat kembali ke Vietnam seusai berpisah dengan Mountain Gold. Di sana ia membesut tim Nha Trang Dolphins di VBA musim 2022-23. Tim tersebut merekrut Lukic setelah tidak puas dengan kinerja pelatih sebelumnya.

Pada musim 2022-2023, Dolphins menang 15 kali dalam 24 pertandingan. Kini Predrag Lukic akan menangani tim Bima Perkasa Jogja, yang punya manajemen baru.

Sebagai informasi, IBL 2024 akan dimulai pada 13 Januari mendatang. Saat ini, hampir semua tim sudah memasuki tahap akhir persiapan, termasuk menyusun daftar pemain.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat