uefau17.com

Tiket Nataru 2023 Sudah Bisa Dipesan, Ini Caranya - Regional

, Yogyakarta - Tiket kereta api untuk libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) periode 21 Desember 2023-7 Januari 2024 alias 45 hari sebelum keberangkatan sudah dapat dibeli mulai tanggal 6 November 2023 kemarin.

Tiket Nataru yang disediakan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dapat dibeli lewat aplikasi Access by KAI, website kai.id, dan seluruh biro resmi pemesanan tiket kereta api lainnya.

VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya mengutarakan, pada libur Nataru tahun ini pihak PT KAI menyediakan 3.888 perjalanan antar kota reguler dan total 2,2 juta tempat duduk.

Namun, sampai saat ini, Joni belum memberikan keterangan apakah akan ada KA tambahan untuk mengantisipasi pemesanan tiket KA yang membludak. Informasi akan diberikan lebih lanjut.

"Untuk KA Lokal reguler pada Nataru tahun ini, kami menyiapkan 1.296 KA dengan sekitar 521 ribu tempat duduk,” jelas Joni seperti dikutip dalam keterangan resminya, Selasa (7/11/2023).

"Kami mengingatkan kepada pelanggan agar teliti dalam menginput tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan. Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi waktu perjalanan menuju ke stasiun agar tidak tertinggal keretanya," imbuh dia.

Adapun, tarif yang dikenakan untuk kereta api komersial saat Nataru tahun ini mengacu pada ketentuan Tarif Batas Bawah (TBB)-Tarif Batas Atas (TBA), atau untuk KA Public Service Obligation (PSO) tarifnya tetap sesuai dengan yang telah ditentukan pemerintah.

Bagi masyarakat yang masih membutuhkan keterangan lebih lanjut, KAI menyediakan layanan Customer Service di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

"KAI berkomitmen melayani pelanggan sebaik mungkin pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2024 melalui perjalanan kereta api yang selamat, aman, dan nyaman," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Beli

Berikut ini cara membeli tiket Nataru lewat Access by KAI:

1. Buka aplikasi Access by KAI, pakai akun yang telah terdaftar atau pastikan akun tersebut bisa didaftarkan

2. Pilih stasiun keberangkatan, kemudian stasiun tujuan, masukkan tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang, klik "Cari", di sana akan ada daftar KA mulai dari kelas hingga harganya.

3. Pilih kereta api dan kelas yang tersedia, isi data pemesan dan data penumpang, lalu pilih kursi yang tersedia

4. Pilih metode pembayaran sesuai yang diinginkan

5. Lakukan pembayaran sesuai metode yang dipilih

6. Setelah pembayaran, pemesan akan diberi kode booking yang akan digunakan sebagai boarding pass di stasiun, nantinya bisa dicetak atau cukup e-boarding saja.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat