uefau17.com

Profil Iqbal Gwijangge, Calon Kapten Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 - Regional

, Yogyakarta - Kick off pertandingan Piala Dunia U-17 akan segera dimulai. Timnas Indonesia U-17 akan menghadapi wakil Panama U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (10/11/2023) mendatang.

Muhammad Iqbal Gwijangge berpotensi menjadi kapten tim usai penampilan dan sikapnya yang apik saat membawa Indonesia U16 berjaya di ajang Piala AFF U16 tahun lalu.

Berikut ini adalah profil Iqbal Gwijangge yang kini berstatus sebagai pemain PS Barito Putera. Pemain kelahiran 28 Agustus 2006 ini merupakan jebolan Liga Top Skor.

Iqbal lahir dan tumbuh besar di Sumedang, Jawa Barat, tetapi ia memiliki darah Jayapura. Darah atlet ia dapatkan dari sang ibunda Besinah Haluk. Sejak muda, Besinah merupakan atlet angkat besi.

Beberapa tahun lalu, pemain berposisi sebagai bek ini sempat ikut seleksi Persija Jakarta U-16, namun nasib dan jalannya tidak bersama Persija. Ia pun tak patah arang, Bhayangkara U-16 pun memboyongnya dan berhasil membuat Iqbal terus berkembang.

Di sana, Iqbal dipanggil ke Timnas Indonesia U-16, ia pun diberi mandat sebagai kapten tim.

FIFA World Cup U-17 Indonesia bisa disaksikan di Indosiar dan SCTV. Bisa nonton Live 52 pertandingan lengkap hanya di Vidio. Best match di Moji dan Mentari, serta melalui Nex Parabola.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dapat Beasiswa

Kepiawaiannya bermain sepak bola membuat Iqbal mendapat beasiswa dari PSSI, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, dan Kedutaan Besar Hungaria, untuk berlatih di Puskas Akademia FC Hungaria, sejak Februari sampai Juli 2023 lalu.

Tak heran jika pelatih Timnas U16 Bagi Bima Sakti terpukau dengan kemampuanya. Selama bermain, Iqbal merupakan pemain yang versatile

Iqbal bisa bermain di posisi bek tengah maupun gelandang bertahan, posturnya pun sangat mendukung untuk memenangkan duel-duel udara. Hal ini menjadi nilai plus Iqbal saat tampil membawa Indonesia U16 menang di Piala AFF U-16 2022 lalu.

Kini Iqbal akan mengemban tugas baru untuk menjadi pemain Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia kelompok umur. Ia akan jadi tumpuan tim untuk mengawal pertahanan.

Bima Sakti bilang kalau Iqbal semakin dewasa seusai berlatih di Hongaria. Ia meyakini jika Iqbal mampu menjadi pemain yang mendatangkan ketenangan bagi seluruh pemain.

"Dia (Iqbal) punya peran penting sebagai pemimpin di tim ini," kata Bima.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat