uefau17.com

8 Kasus Eksorsis Paling Populer dan Menyeramkan di Dunia - Regional

, Yogyakarta - Eksorsis adalah ritual pengusiran setan atau roh jahat dari tubuh seseorang. Ritual ini biasanya dilakukan oleh pemimpin agama atau orang yang dianggap memiliki kekuatan spiritual khusus.

Eksorsis telah dilakukan selama berabad-abad dan masih dipraktikkan di banyak agama dan budaya di seluruh dunia. Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah 8 kasus eksorsis paling populer dan menyeramkan di dunia.

1. Roland Doe

Kasus Roland Doe adalah salah satu kasus eksorsisme populer. Doe adalah seorang bocah laki-laki berusia 14 tahun yang diduga kerasukan setan pada 1949.

Dia mengalami berbagai gejala aneh, seperti berbicara dengan bahasa roh, levitasi, dan kekuatan supranatural lainnya. Dua orang exorcist, Pastor William Bowdern dan Pastor Walter Halloran, melakukan ritual eksorsisme pada Doe selama 30 hari.

Ritual ini sangat melelahkan dan menyakitkan bagi Doe, tetapi pada akhirnya dia berhasil dibebaskan dari setan yang merasukinya. Kisah Doe dikisahkan dalam buku dan film The Exorcist.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Anneliese Michel

Anneliese Michel adalah seorang gadis muda asal Jerman berusian 16 tahun. Mulanya ia mengalami gejala epilepsi dan tanda-tanda gangguan mental.

Orang tua Anneliese Michel memasukan gadis malang tersebut kesebuah rumah sakit jiwa. Namun rupanya di sana lah mala pertaka dimulai.

Pada 1970-an Michel mulai menolak semua hal yang berkaitan dengan agama. Ia mengaku mendengar suara-suara gaib dan mengalami berbagai gejala aneh, seperti berbicara dengan suara yang berbeda, menggeram seperti binatang, dan menghancurkan benda-benda.

Michel kemudian diduga kerasukan enam setan. Dia menjalani ritual eksorsisme sebanyak 7 kali selama lebih dari dua tahun. Hal ini menjadikan kisah hidupnya diangkat sebagai sebuah film berjudul The Exorcism of Emily Rose.

Pada 1973, ia meninggal akibat menolak makan dan membuatnya mati kelaparan.

 

3 dari 4 halaman

3. Julia

Pada 2008 seorang psikiater bersertifikat dan profesor psikiatri klinis di New York Medical College, Dr Richard E. Gallagher mendokumentasikan kasus seorang pasien yang dijuluki Julia. Julia merupakan seorang wanita yang diduga menjadi korban kerasukan roh jahat.

Bahkan pernah dikabarkan juga bahwa tubuh Julia pun sempat melayang di udara dan mengatakan hal-hal buruk. Menurut Gallagher Julia mengucapkan umpatan-umpatan yang terkadang diucapkan dengan nada parau dan tak jelas.

Namun berita ini tak lagi dibahas setelah Gallagher memberikan pernyataan terakhirnya.

4. Arne Cheyenne Johnson

Arne Cheyenne Johnson adalah seorang pria muda asal Amerika Serikat yang diduga dirasuki setan. Dia membunuh tuan rumahnya, Alan Bono, pada tahun 1981.

Pengacara Johnson berpendapat bahwa dia dirasuki setan dan tidak dapat mengendalikan tindakannya. Kasus ini dikenal sebagai "Demon Murder Trial" dan merupakan salah satu kasus eksorsisme paling terkenal di dunia.

Baru-baru ini kasus Johnson diadaptasi oleh layanan streaming dan rumah produksi Netflix sebagai film dokumenter. Berjudul The Devil on Trial, film ini menghadirkan tokoh-tokoh yang bersaksi dalam persidangan ini.

Pada akhirnya, Johnson dinyatakan tidak bersalah atas pembunuhan berencana. Namun, ia dinyatakan bersalah atas pembunuhan tingkat dua karena tidak sengaja membunuh Bono.

Johnson dihukum 10 tahun penjara, tetapi ia hanya menjalani hukuman selama 5 tahun.

5. Michael Taylor

Michael Taylor dan istrinya Christine merupakan pasangan suami istri romantis dan religius. Namun suatu hari Christne menuduh Taylor telah berselingkuh dengan wanita yang bernama Marie Robinson.

Dan dari sinilah Taylor mulai menunjukkan gejala-gejala aneh dengan cara bicaranya yang kerap mengumpat. Alhasil ia pun melakukan pengusiran setan yang berlangsung selama 24 jam.

Namun setelah itu, Taylor tetap bertingkah aneh dan justru membunuh istri dan anjingnya yang ada di rumah. Taylor lantas ditemukan berkeliaran di jalan dengan tubuh berlumuran darah.

Namun dia dibebaskan dengan alasan kejiwaannya yang terganggu.

 

4 dari 4 halaman

6. Anna Ecklund

Kasus eksorsis menyeramkan selanjutnya adalah cerita Anna Ecklund. Kerasukan Anna berlangsung selama beberapa tahun dimulai pada 1912 ketika ia masih berusia 14 tahun.

Kasus kesurupan Anne datang dari kutukan yang dibawa oleh ayahnya dan tantenya sendiri, Mina. Rupanya Mina adalah seorang penyihir yang menambahkan ramuan herbal dengan mantra iblis pada makanan Anna.

Eksorsisme pertama dilakukan pada 1912 dan berhasil yang sayangnya, hanya untuk sementara. Selang 16 tahun kemudian tepatnya pada 1928, Anne dirasuki oleh lebih banyak setan.

Lalu eksorsisme keduanya diadakan di sebuah biara di Iowa, Amerika Serikat, dan berlangsung tiga sesi. Kali ini eksorsismenya sangat melelahkan sehingga merusak tubuh Anna.

Pada akhirnya memang setan-setan berhasil diusir namun tidak sepenuhnya hilang dari jiwa Anna. Ia melanjutkan kehidupan dengan kerasukan yang lebih ringan daripada sebelumnya.

7. Poltergeist Keluarga Smurl

Poltergeist merupakan fenomena ketika sebuah benda dirasuki oleh setan. Fenomena ini pernah menimpa rumah keluarga Smurl di Pennsylvania.

Awalnya paranormal profesional dan pastor menganggap tidak ada yang aneh dari hunian tersebut. Namun penyelidik paranormal Ed dan Lorraine Warren mengklaim rumah keluarga Smurl dihuni oleh iblis yang sangat kuat.

Mereka melakukan eksorsisme untuk menghilangkan bayangan gelap di rumah itu. Eksorsisme itu sayangnya tidak membuahkan hasil.

Sederet gangguan dari setan terus berdatangan dari benturan keras, bau busuk, kasur terguncang, serangan fisik kepada salah satu anggota keluarga, hingga anjing mereka pun dilempar ke tembok. Pada 1986, keluarga Smurl mengungkapkan bahwa rumahnya telah kembali ke kondisi normal berkat bantuan doa yang intens.

Walaupun begitu, sang ibu mengatakan masih ada kejadian aneh pada 1987.

8. David Berkowitz

David Berkowitz dikenal sebagai pembunuh berantai pada masanya. Namun, ia mengaku bukan dirinya yang melakukan pembunuhan melainkan setan yang merasuki jiwanya.

Pada 1976 hingga 1977, David melukai tujuh orang dan membunuh enam orang. David bahkan mempunyai julukan kepada sisi jahatnya bernama "Papa Sam".

Hal ini ia tuliskan dalam surat-surat yang ia tinggalkan di tempat kejadian pembunuhan. Setelah ditangkap barulah terungkap bahwa Sam adalah anjing tetangganya yaitu Sam Carr.

Dalam buku harian penjaranya ia mengklaim kalau hewan itu dirasuki oleh seorang pria berusia 6000 tahun bernama Sam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat