uefau17.com

Cara Cek Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS 2023 - Regional

, Bandung - Pengumuman seleksi administrasi CASN 2023 telah resmi diumumkan mulai hari ini Senin (16/10/2023). Melansir dari Instagram resmi BKN pengumuman seleksi administrasi CASN 2023 bisa diakses melalui akun SSCASN dan laman pengumuman instansi.

Silakan #SobatBKN cek secara berkala pengumuman instansi yak. Kalian bisa juga nanti cek repost instansi yang sudah UP pengumuman dari medsos BKN di IG Story,” tulis @bkngoidofficial.

Sebelumnya, pemerintah mengumumkan jika hasil seleksi administrasi CASN 2023 dimulai sejak Minggu (15/10/2023) hingga Rabu (18/10/2023). Pengumuman ini menjadi tahapan yang sangat dinantikan oleh para pelamar CPNS dan PPPK.

Diketahui setelah lolos seleksi administrasi pelamar bisa mempersiapkan diri untuk melanjutkan ke tahap tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di bulan November atau tidak. Selain itu peserta yang mendapatkan notifikasi Tidak Memenuhi Syarat (TMS) bisa mengajukan masa sanggah dalam waktu 3 hari setelah pengumuman.

Mengutip dari jadwal terbaru yang dibagikan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) masa sanggah berlangsung dari tanggal 19 hingga 21 Oktober 2023. Perlu diketahui pengajuan tersebut hanya bisa dilakukan jika terjadi kesalahan bukan dari pendaftar itu sendiri.

Adapun untuk mengecek pengumuman seleksi administrasi CASN 2023 pendaftar bisa mengaksesnya melalui situs resmi SSCASN atau link sscasn.bkn.go.id. Pendaftar bisa melakukan login menggunakan username dan password yang telah didaftarkan.

Selain itu, pendaftar juga bisa memeriksa hasil seleksi administrasi melalui situs resmi dari pengumuman instansi yang didaftarkan. Melansir dari Instagram resmi BKN sudah ada beberapa instansi yang mulai mengumumkan hasil seleksi administrasinya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Cek Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CASN 2023

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memeriksa pengumuman hasil seleksi administrasi CASN 2023:

1. Pengumuman hasil seleksi administrasi bisa dilakukan melalui situs resmi SSCASN atau link sscasn.bkn.go.id.

2. Lakukan login dengan username atau email dan password yang telah terdaftar.

3. Klik tab’ Resume’.

4. Setelah itu scroll pada bagian bawah untuk melihat hasil seleksi administrasi.

5. Jika dinyatakan lolos pendaftar bisa mencetak kartu yang tersedia.

6. Adapun untuk pendaftar yang mendapatkan informasi tidak memenuhi syarat (TMS) atau tidak lolos bisa mengajukan masa sanggah.

3 dari 3 halaman

Cara Pengajuan Masa Sanggah Seleksi Administrasi CASN 2023

Jika pelamar tidak memenuhi syarat (TMS) atau tidak lolos seleksi administrasi CASN 2023, bisa mengajukan masa sanggah dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Hal pertama yang harus dilakukan dalam mengajukan masa sanggah adalah dengan memeriksa kembali penyebab tidak lolosnya Anda dalam tahap administrasi yang dijelaskan dalam sistem.

2. Jika sudah maka lanjutkan dengan klik ‘Ajukan Sanggah’.

3. Setelah itu akan muncul form sanggah berisi informasi syarat yang tidak terpenuhi, dokumen yang sudah diunggah pelamar, serta kolom isian alasan sanggah.

4. Klik lihat untuk melihat dokumen.

5. Isikan alasan sanggah.

6. Setelah itu centang kotak disclaimer kesediaan menanggung akibat hukum jika isian yang dibuat tidak sesuai dengan dokumen.

7. Klik ‘Akhiri Proses Sanggah’.

8. Selanjutnya muncul kotak ‘Anda hanya bisa melakukan sanggah bila semua persyaratan yang tidak memenuhi syarat disanggah’, kemudian klik ‘Baiklah’.

9. Kemudian muncul kotak ‘Apakah Anda yakin untuk mengakhiri dan memproses penyanggahan’, lalu klik ‘Iya’.

10. Setelah itu muncul kotak ‘Pengajuan sanggah berhasil’.

11. Jika sanggah telah berhasil diterima maka dalam halaman Resume Pendaftaran akan muncul penjelasan ‘Selamat! Anda lulus tahap administrasi berkas’.

12. Selanjutnya pelamar bisa mencetak kartu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat