uefau17.com

5 Peringatan 11 September, Salah Satunya Hari Radio Nasional - Regional

, Yogyakarta - Terdapat beberapa momen penting pada 11 September. Momen-momen tersebut banyak diperingati secara nasional maupun internasional.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa peringatan 11 September:

1. Hari Radio Nasional dan HUT Radio Republik Indonesia (RRI)

Hari Radio Nasional diperingati setiap 11 September. Bukan itu saja, pada tanggal yang sama juga menjadi hari kelahiran Radio Republik Indonesia (RRI).

RRI didirikan pada 11 September 1945, yakni satu bulan setelah siaran radio Hoso Kyoku dihentikan pada 19 Agustus 1945. Pada tanggal tersebut, wakil-wakil dari 8 bekas radio Hosu Kyoku berkumpul di bekas gedung Raad Van Indje Pejambon di Jakarta dan membentuk Persatuan Radio Republik Indonesia.

Stasiun radio ini telah mengemban tugas sebagai radio perjuangan. Bahkan, proklamasi kemerdekaan Indonesia dapat diketahui masyarakat secara luas berkat adanya RRI.

Pada perayaan HUT ke-78, salah satu agenda yang digelar adalah lomba baca berita kategori umum. Lomba ini diikuti oleh 27 peserta secara live di RRI Play Go, Youtube RRI Tahuna Official, FB Pro 1 Tahuna, FM 105,4 MHz, 99,5 MHz. Selain itu, pada acara puncak juga akan dilaunching logo baru RRI.

2. Hari Patriot

Hari Patriot diperingati sebagai penghormatan untuk korban tragedi 9/11 di Amerika Serikat. Peristiwa ini menjadi salah satu tragedi paling tragis di sepanjang sejarah.

Kala itu, para pembajak menerbangkan tiga pesawat untuk menabrak Gedung Pentagon di Washington DC dan Menara Kembar World Trade Center di New York. Sebuah pesawat keempat yang dibajak jatuh di Pennsylvania setelah penumpangnya melawan para pembajak.

Hari Patriot diproklamasikan oleh Presiden George W. Bush yang diperingati setiap tahun pada 11 September. Selama peringatan ini, bendera Amerika Serikat diturunkan setengah tiang dan seluruh negeri mengheningkan cipta pada pukul 8:46 pagi (Waktu Musim Panas Bagian Timur), saat pesawat pertama menabrak salah satu Menara Kembar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pekan Kesehatan Seksual di Inggris

3. Pekan Kesehatan Seksual di Inggris

Pekan Kesehatan Seksual di Inggris dimulai pada minggu kedua bulan September. Momen ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai penyakit menular seksual dan untuk memberikan pendidikan seks kepada semua orang.

Peringatan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan masalah ini. Pekan Kesehatan Seksual diharapkan dapat memberikan pemahaman yang benar tentang pendidikan seks, khususnya di kalangan anak-anak muda.

4. Libraries Remember Day

Libraries Remember Day atau Hari Mengingat Perpustakaan di Amerika Serikat juga diperingati setiap 11 September. Perayaan ini bertujuan untuk mengakui peran perpustakaan umum dalam kesejahteraan sosial.

Perpustakaan adalah tempat belajar yang dapat diakses oleh siapapun. Hadirnya perpustakaan memungkinkan semua orang dapat mengakses informasi online, membaca buku, membuat catatan, dan membentuk komunitas yang berfokus pada pembelajaran dan pengetahuan.

5. No News is Good News Day

Satu lagi perayaan penting di 11 September yang digelar di Amerika Serikat, yaitu No News is Good News Day. Pada hari ini, semua orang diajak untuk beristirahat dari sosial media dan sumber berita selama 24 jam. Sebagai gantinya, mereka harus fokus pada pemikiran yang lebih positif.

(Resla Aknaita Chak)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat