uefau17.com

5 Tempat Makan Soto yang Cocok untuk Sarapan di Yogyakarta - Regional

, Yogyakarta - Soto merupakan sajian yang kerap dicari sebagai menu sarapan. Terlebih saat udara sedang dingin, soto dapat menjadi penghangat badan.

Di Yogyakarta, ada banyak tempat makan soto yang terkenal enak. Jenis soto yang dijajakan juga beragam, mulai dari yang berkuah kuning autentik ala Yogyakarta hingga soto dari berbagai daerah lain.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut rekomendasi tempat makan soto Yogyakarta yang cocok dijadikan menu sarapan.

1. Soto Pak Dalbe

Soto ayam Pak Dalbe menjadi tempat makan soto populer dikalangan masyarakat lokal dan wisatawan. Soto Ayam Pak Dalbe menyediakan menu Soto Ayam Pisah, Soto Ayam Campur, dengan pilihan lauk Kepala, Sate Ayam, dan Gorengan.

Warung Soto Ayam Pak Dalbe sudah berdiri sejak 1995, sehingga menjadi salah satu kuliner legendaris di Yogyakarta. Soto Ayam Pak Dalbe memiliki kuah yang kaya rasa, daging ayam yang empuk, dan rempah-rempah yang terasa nikmat.

Konsistensi dalam menyajikan rasa yang khas selama bertahun-tahun telah membuat pelanggan tetap setia. Selain rasanya enak, harganya juga terjangkau.

Satu mangkuk soto dapat kamu nikmati dengan harga mulai Rp12.000. Soto Pak Dalbe buka setiap hari, mulai pukul 05.30 hingga 13.30 WIB.

Lokasi Soto Pak Dalbe ada di Jalan Jend. Sudirman, Terban, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Soto Rempah Pak B

2. Soto Rempah Pak B

Soto Rempah Pak B dapat menjadi tujuan tempat makan soto selanjutnya. Berbeda dengan soto kuah bening di Yogyakarta, soto yang dijajakan warung ini menggunakan susu dan rempah-rempah.

Rasa rempah-rempah yang wangi dan kaya ditambah susu menghasilkan seporsi soto bercita rasa unik. Selain soto kuah susu, Soto Rempah Pak B juga menjual beberapa varian soto, ada soto ayam, soto daging, soto kikil, soto babat, dan masih banyak lagi.

Seporsi soto di tempat makan ini dibanderol mulai dari Rp 10.000-an saja. Soto Rempah Pak B memiliki beberapa cabang dan buka setiap hari, mulai pukul 07.00 hingga 15.00 WIB

3. Soto Kadipiro

Soto Kadipiro menjadi kuliner legendaris Yogyakarta yang masuk dalam daftar kuliner terbaik versi Taste Atlas. Berdiri sejak 1928, saat ini pengelola soto dengan kuah bening itu telah sampai di generasi ketiga.

Resep turun-temurun dan cara pengolahannya secara tradisional masih dipertahankan. Soto Kadipiro khas Kabupaten Bantul ini tetap mempertahankan kelezatan resep turun temurun dari empunya, Pak Karto Wijoyo.

Warung Soto Kadipiro asli hanya berlokasi di Jalan Wates Nomor 33, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, DIY. Tempat makan legendaris ini pukul 07.30 hingga 13.30 WIB.

4. Soto Sampah

Kuliner soto sampah adalah hidangan legendaris di kota gudeg. Konon soto ini sudah ada sejak tahun 1970-an.

Meskipun namanya sedikit nyeleneh tak perlu khawatir soal rasa, karena soto sampah ini memiliki cita rasa yang enak. Terbukti dengan ramainya warung soto sampah, terutama saat tengah malam hingga dini hari.

Tak jarang para pelanggan setianya rela mengantri untuk satu piring soto kuah bening dan nasi hangat. Satu porsi soto sampah berisi irisan daging, tauge, kol, seledri, mi putih, dan "sampah".

Sampah yang dimaksud adalah aneka rempah-rempah dan koyor sapi yang menjadi taburan soto bersama aneka isian sotonya. Selain itu para pelanggan juga dapat meminta tambahan ekstra isian koyor atau urat sapi untuk melengkapi sajian panas di tengah Kota Yogyakarta ini.

Warung soto sampah buka hampir 24 jam lamanya, sehingga cocok menjadi andalan menu sarapan yang menyegarkan. Satu porsi soto sampah dijual cukup murah, yakni Rp6.000 hingga Rp10.000 saja per porsinya.

Soto sampah berada di Jalan Kranggan No 2, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta.

5. Soto Pak Marto Tamansari

Soto Pak Marto Tamansari termasuk salah satu soto enak dan legendaris di Yogyakarta. Buka sejak tahun 1960, kini dikelola oleh generasi ketiga.

Ciri khas dari Soto Pak Marto adalah kuahnya yang segar dan bening dari kaldu sapi. Meski isiannya sederhana yaitu tauge, daging sapi, tomat, kol dan daun bawang namun rasanya lezat.

Soto yang berusia hampir 60 tahun ini menjaga cita rasanya yang khas, sehingga pengikutnya pun tak berkurang. Makanan pendamping soto tak kalah enak, mulai dari iso, babat, lidah, jantung, ginjal, perkedel, aneka sate jeroan, lumpia, tempe goreng, dan masih banyak lainnya.

Soto Pak Marto Tamansari berlokasi di Jalan Letjen S Parman No. 44 Yogyakarta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat