uefau17.com

Batal Tampil di We The Fest 2023 Imbas Polemik di Malaysia, Ini 8 Kontroversi Matty Healy The 1975 - Regional

, Yogyakarta - Nama Matty Healy dan The 1975 kembali menjadi perbincangan di media sosial. Hal itu terjadi usai penampilan kontroversialnya di Malaysia.

Aksi kontroversial tersebut ternyata bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya, beberapa kontroversi juga kerap dilakukan vokalis The 1975 itu.

Berikut deretan kontroversi Matty Healy The 1975:

1. Makan daging mentah

Saat tampil di Madison Square Garden pada November 2022, Matty Haely membuat kontroversi dengan memakan daging mentah. Ia tampak bertelanjang dada dan berlutut di tengah panggung sambil memakan daging steak mentah.

2. Komentar rasis terhadap Ice Spice

Matty Healy pernah menuai kritik usai berkomentar rasis tentang Ice Spice saat hadir di podcast The Adam Friedland Show, Februari 2023. Saat itu, ia hadir bersama Nick Mullen.

Mereka menyebut sang penyanyi dengan sebutan 'gadis Inuit', yaitu julukan masyarakat adat yang sebagian tinggal di bumi bagian utara. Mereka juga menyebut Ice Spice sebagai 'chubby Chinese lady'.

Ungkapan rasis tersebut pun ditimpali dengan tawa dari beberapa orang yang ada di podcast tersebut. Tak lama, Matty kemudian meminta maaf kepada Ice Spice di atas panggung. 

3. Beri salam Nazi di tengah kasus antisemitisme Kanye West

Pada Januari 2023, Matty memyanyikan lagu 'Love It If We Made It' sambil melakukan salam Nazi. Gestur tersebut ia lakukan saat menyanyikan lirik, "Terima kasih, Kanye, sangat keren."

Hal itu bertepatan dengan polemik Kanye tentang kasus antisemitisme atau ujaran kebencian terhadap kaum Yahudi. Adapun kalimat yang Matty ucapkan diambil dari cuitan mantan Presiden Donald Trump pada 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tempelkan Alat Vital ke Kamera

4. Tempelkan alat vital ke kamera 

Aksi panggung Matty Healy lainnya yang menghebohkan adalah saat ia menempelkan alat vitalnya ke kamera. Peristiwa itu terjadi di London pada 27 Juni 2023.

Ia melakukan aksi tak senonoh itu di hadapan kameramen wanita secara langsung hingga membuat sang kameramen terjatuh. Hal tersebut sontak membuat warganet jijik.

5. Mencium petugas keamanan atau penjaga panggung

Matty Healy juga kedapatan mencium petugas keamanan panggung saat konser di NorthSide Festival, Denmark, Juni lalu. Kala itu, Matty tiba-tiba merangkul seorang satpam pria dan berciuman. Aksi itu dilakukannya saat menyanyikan lagu 'Robbers'.

6. Kerap cium penggemar di atas panggung

Salah satu kebiasaan Matty Healy di atas panggung adalah mencium seseorang, termasuk penggemarnya. Pada November 2022, Matty sempat mencium salah satu penggemarnya saat tampil di Vegas. Namun, ia mengaku sudah meminta izin untuk mencium penggemar wanita tersebut.

Tak lama, ia kembali mencium penggemar laki-laki di atas panggung. Hal itu juga pernah dilakukannya saat di Dubai sebagai bentuk protes terhadap hukum di Uni Emirat Arab.

7. Cium bassist The 1975

Baru-baru ini, Matty kembali membuat kontroversi saat tampil di Good Vibes Festival 2023 di Malaysia. Ia berciuman dengan sang bassist, Ross MacDonald, di atas panggung.

Hal itu dilakukan sebagai protes aturan anti LGBTQ+ di negara tersebut. Karena aksinya tersebut, panggung The 1975 pun dihentikan.

Ternyata, kontroversi Matty Haely di Malaysia berbuntut panjang. Aksi tersebut menyebabkan Pemerintah Malaysia membatalkan keseluruhan acara Good Vibes Festival 2023. Bahkan, dua agenda konser selanjutnya juga dipastikan batal, yaitu We The Fest 2023 Jakarta serta The 1975: At Their Very Best Tour in Taipei.

8. Injak bendera Taegeukgi milik Korea Selatan

Polemik di Malaysia juga membuat salah satu kontroversi Matty Haely kembali mencuat. Pada 2019, Matty mengunggah selfie mirror dengan kaki menginjak bendera Korea Selatan, Taegeukgi, yang didapatkannya dari fans.

Foto tersebut diunggah di akun Instagram pribadi Matthew, @trumanblack usai The 1975 tampil di Korea Selatan. Ia menulis caption, "OMG bore off fucking hell."

Hal itu membuat Matty mendapat banyak cacian karena dinilai tidak sopan dan tidak menghormati bendera negara lain. Para fansnya, terutama fans dari Korea Selatan, merasa kecewa dengan aksi tersebut. Tak lama setelah itu, Matty Haely menghapus unggahannya tanpa permintaan maaf.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat