uefau17.com

Tony Bennett Meninggal Dunia, Berikut Deretan Kiprah Selama Berkarier 8 Dekade - Regional

, Yogyakarta - Tony Bennett meninggal dunia di New York City, Jumat (21/7/2023) waktu setempat. Penyanyi legendaris ini mengembuskan napas terakhirnya di usia 96 tahun.

Tony sempat didiagnosis Alzheimer pada 2016. Namun, dalam unggahan akun Instagram @itstonybennett, tidak ada pernyataan resmi tentang penyebab meninggalnya Tony.

"Tony meninggalkan kami hari ini, tetapi dia masih bernyanyi beberapa hari yang lalu di depan pianonya dan lagu terakhirnya adalah 'Because of You,' hit #1 pertamanya," tulis keterangan tersebut.

Tony Bennett telah menjadi penyanyi legendaris yang menelurkan banyak hit populer. Selama 8 dekade berkarir, Tony Bennett mampu merekam lebih dari 70 album. Bahkan, beberapa penghargaan bergengsi juga telah didapatkannya, termasuk 19 Grammy Awards.

Mengutip dari Fox Business, berikut deretan kiprah Tony Bennett selama berkarir 8 dekade:

1. Tony Bennett merilis lebih dari 70 album

Tujuan Bennett untuk karirnya adalah membuat 'a hit catalog rather than hit records' (katalog hit daripada rekaman hit'. Ia mulai berkarir pada 1949 dan telah merilis lebih dari 70 album.

Momen terobosan penyanyi ini terjadi pada 1951. Pada tahun tersebut, ia merilis 'Because of You' yang kemudian menjadi hit nomor satu yang melambungkan namanya.

Selain itu, beberapa hits populer juga telah dirilis, termasuk 'I Left My Heart in San Francisco, 'Love for Sale', 'Cheek to Cheek', dan 'Duets II'. Album terakhirnya, 'Love for Sale' (2021), direkam bersama teman lama dan kolaboratornya, Lady Gaga.

Album tersebut sebenarnya adalah album kedua mereka. Keduanya sempat merekam 'Cheek to Cheek' pada 2014.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

19 Grammy Awards

2. Tony Bennett meraih 19 Grammy Awards di sepanjang kariernya

Sepanjang karier bermusiknya, Tony Bennett dianugerahi 19 Grammy Awards. Penghargaan Grammy pertamanya didapatkan melalui lagu 'I Left My Heart in San Francisco', yakni pada 1962.

Saat itu, Bennett memenangkan rekor tahun ini dan penampilan vokal solo pria terbaik. Lagu 'I Left My Heart in San Francisco' kemudian dilantik ke dalam Grammy Hall of Fame pada 1994. Pada 2021, Bennett mendapat penghargaan Recording Academy Lifetime Achievement Award.

3. Tony Bennett memecahkan rekornya sendiri sebagai penampil tertua yang masih hidup dengan album No.1

Pada 2014, Bennett memecahkan rekor sebagai oldest living performer with a No.1 album (penampil tertua yang masih hidup dengan album No.1). Rekor tersebut didapatnya usai merilis 'Cheek to Cheek'.

Album ini mencapai posisi teratas Billboard Hot 200.Adapun tiga tahun sebelumnya, album Bennett 'Duets II' juga berhasil menduduki puncak tangga lagu.

4. Tony Bennett memecahkan Guinness World Record

Dirilisnya kolaborasi keduanya dengan Lady Gaga, 'Love for Sale', membuat Bennett memecahkan Guinness World Record untuk orang tertua yang merilis album dengan materi baru. Saat merilis album tersebut, ia berusia 95 tahun 60 hari.

Selain Gunness World Record, perilisan album tersebut juga membantu Bennett memecahkan rekor di Billboard 200. Album 'Love for Sale' masuk 10 besar terlama di tangga lagu Billboard 200 untuk setiap orang yang masih hidup.

5. Tony Bennett gelar konser terakhirnya

Tony Bennett tampil untuk terakhir kalinya pada 28 November 2021 bersama Lady Gaga. Saat itu, ia tampil di 'One Last Time: An Event with Tony Bennett and Lady Gaga' yang berlangsung di Radio City Music Hall New York.

Saat itu, keduanya menampilkan karya mereka bersama, termasuk 'Love for Sale'. Meski berjuang melawan Alzheimer selama bertahun-tahun, saat itu, Tony Bennett berhasil memberikan penampilan luar biasa tanpa kesalahan lirik lagu.

(Resla Aknaita Chak)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat