uefau17.com

Resep Membuat Bala-bala Enak Ala Anak Kos, Gorengan Renyah Menjadi Pendamping Nasi - Regional

, Jakarta Bala-bala merupakan sejenis makanan gorengan yang populer di Indonesia, terutama di daerah Jawa Barat dan Jawa Timur.

Makanan ini terbuat dari adonan tepung terigu yang dicampur dengan berbagai bahan seperti tauge, wortel, daun bawang, dan bumbu-bumbu lainnya.

Adonan tersebut kemudian digoreng hingga matang dan berwarna kecokelatan. Bala-bala biasanya disajikan sebagai camilan atau makanan ringan.

Rasanya renyah di luar, tetapi lembut di dalam. Makanan ini umumnya disajikan dengan cabai rawit atau saus sambal sebagai pelengkap untuk memberikan rasa pedas.

Selain itu, bala-bala juga sering dijadikan sebagai pendamping nasi atau sebagai isian dalam lontong sayur atau pecel. Makanan ini sangat populer dan mudah ditemukan di warung-warung makan, kaki lima, atau di pedagang makanan jalanan di Indonesia.

Meskipun bala-bala terkenal sebagai camilan atau makanan ringan, karena digoreng, sebaiknya dikonsumsi dengan bijak untuk menjaga kesehatan.

Berikut adalah salah satu resep dasar untuk membuat bala-bala:

Bahan-bahan:

- 200 gram tepung terigu- 150 ml air

- 100 gram tauge (cuci bersih dan tiriskan)

- 1 buah wortel (serut kasar)

- 3 batang daun bawang (iris halus)

- 2 siung bawang putih (haluskan)

- 1 sendok teh garam- 1/2 sendok teh merica bubuk

- Minyak goreng secukupnya

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membuat Bala-bala

Langkah-langkah:

1. Campurkan tepung terigu, air, bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, dan merica bubuk dalam sebuah mangkuk besar. Aduk rata hingga membentuk adonan yang kental.

2. Tambahkan tauge, wortel serut, dan irisan daun bawang ke dalam adonan. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan baik.

3. Panaskan minyak dalam wajan atau penggorengan dengan api sedang.

4. Ambil sejumput adonan menggunakan sendok makan, lalu letakkan perlahan ke dalam minyak panas. Lakukan langkah ini secara berulang hingga adonan habis, tetapi pastikan tidak terlalu banyak dalam satu kali proses penggorengan agar bala-bala matang secara merata.

5. Goreng bala-bala hingga berwarna kecokelatan dan matang sempurna. Angkat dan tiriskan minyak berlebih dengan meletakkan bala-bala di atas kertas tisu atau rak pengering.

6. Bala-bala siap disajikan. Anda bisa menikmatinya dengan saus sambal atau cabai rawit sesuai selera.

Selamat mencoba membuat bala-bala sendiri di rumah! Pastikan untuk menjaga keamanan saat menggunakan minyak panas dan menggunakan alat pengaman saat memasak.

 

Penulis: Belvana Fasya Saad

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat