uefau17.com

7 Juni Diperingati Sebagai Hari Keamanan Pangan Sedunia, Ini Sejarahnya - Regional

, Jakarta - Hari Keamanan Pangan Sedunia 2023 diperingati pada 7 Juni 2023. Tema Hari Keamanan Pangan Sedunia 2023 adalah "Food Standards Save Lives" atau "Pastikan pangan yang aman hari ini untuk masa depan yang sehat".

Tema ini dipilih untuk menekankan pentingnya standar keamanan pangan dalam mencegah penyakit bawaan makanan.

Hari Keamanan Pangan Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keamanan pangan dan mengambil langkah-langkah untuk mencegah penyakit bawaan makanan.

Selain itu, diharapkan semakin banyak masyarakat yang berkontribusi pada ketahanan pangan, kesehatan masyarakat, kesejahteraan ekonomi, produksi pertanian, akses pasar, pariwisata, serta pembangunan yang berkelanjutan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) bersama-sama memfasilitasi Hari Keamanan Pangan Sedunia dan setiap tahun merilis serangkaian pesan global untuk mempromosikan perayaan tersebut.

Hari Keamanan Pangan Sedunia atau World Food Safety Day (WFSD) diperingati setiap tanggal 7 Juni.

Peringatan Hari Keamanan Pangan Sedunia bermula dari Konferensi FAO ke-20 pada November 1976 di Roma, yang memutuskan untuk dicetuskannya resolusi Nomor 179 mengenai World Food Day.

Resolusi ini disepakati oleh 147 negara anggota FAO, termasuk Indonesia, dan menetapkan bahwa mulai 1981, segenap negara anggota FAO setiap tanggal 16 Oktober memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS).

Hari Keamanan Pangan Sedunia pertama kali diperingati pada 2019 dan terus berkembang setiap tahun dengan melibatkan lebih banyak negara dan mengadakan lebih banyak acara.

Dalam kampanye Hari Keamanan Pangan Sedunia, WHO bekerja untuk mengarusutamakan keamanan pangan ke dalam agenda publik dan mengurangi beban penyakit bawaan pangan.

Upaya terpadu pada keamanan pangan akan membantu negara-negara mengurangi dampak sosial-ekonomi pandemi dan meningkatkan ketahanan mereka untuk jangka panjang dengan memfasilitasi dan mempercepat perdagangan pangan dan pertanian, membantu untuk mencegah pandemi zoonosis berikutnya dan mengubah sistem pangan.

Untuk merayakan Hari Keamanan Pangan Sedunia 2023, ada beberapa cara yang dapat dilakukan, antara lain melatih orang-orang agar mempraktikkan budaya keamanan pangan, menggunakan dan menyebarkan leaflets mengenai keamanan pangan, menjadi pembawa acara sebuah webinar, berkarya yang bertemakan keamanan pangan, menumbuhkan kewaspadaan dan memperlihatkan hasil kerja seputar keamanan pangan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat