uefau17.com

16 Calon Jemaah Haji Embarkasi Solo Gagal Terbang ke Tanah Suci - Regional

, Solo - Sebanyak 16 calon jemaah haji Embarkasi Solo gagal berangkat ke Tanah Suci. Panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) Embarkasi Solo terpaksa memulangkan calon jemaah haji itu ke daerah asalnya lantaran sakit dan kondisi kesehatannya menurun sehingga tidak memungkinkan untuk diterbangkan menunaikan ibadah haji.

Humas PPIH Embarkasi Solo Gentur Rachma Indriyadi menjelaskan berdasarkan pemeriksaan medis kepada calon jemaah haji yang tiba di Asrama Haji Donohudan ditemukan belasan calon jemaah haji yang memiliki penyakit seperti demensia dan stroke. Karena kondisinya terus menurun sehingga mereka dipulangkan ke daerah asal.

"Karena alasan kesehatan itu sebanyak 16 calon jemaah haji itu dipulangkan ke daerah asalnya karena dengan kondisinya itu tidak layak terbang. Sebelum memulangkan, PPIH sudah berkoordinasi dengan panitia daerah dan keluarganya," ujar Gentur kepada wartawan di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Senin (5/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cek Kondisi Kesehatan

Ia pun tidak menyalahkan kepada petugas di daerah yang telah meloloskan pengecekan kesehatan kepada para calon jemaah haji yang akhirnya dipulangkan PPIH Embarkasi Solo. Menurutnya, pemantauan kondisi kesehatan tidak hanya saat calon jemaah haji itu masuk asrama tetapi juga ketika akan keberangkatan menuju Tanah Suci.

"Jika tiba-tiba ramai berkumpul dengan jemaah lainya yang mencapai 360 jemaah itu terus muncul dimensia, kegelisahan terus muncul ketidaktenangan. Setelah dicek kesehatan dengan beberapa parameter, ternyata calon jemaah haji itu jika diberangkatkan akan mengkhawatirkan di pesawat," kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat