uefau17.com

1.373 Atlet Berburu Gelar di Bulutangkis Polytron Wali Kota Cup Solo 2023 - Regional

, Solo Sebanyak 1.373 atlet yang berasal dari 225 klub bulutangkis di Tanah Air mengikuti kejuaraan bulutangkis bergengsi Polytron Wali Kota Cup Solo 2023 yang akan digelar di GOR Sritex Arena pada Senin – Sabtu (5-10/6/2023). Kejuaraan yang didukung Djarum Foundation itu memperebutkan total hadiah lebih dari Rp 600 juta.

Direktur Komersial Polytron Tekno Wibowo menyebutkan jumlah peserta yang mengikuti kejuaraan bulutangkis tingkat nasional ini mengalami peningkatkan yang cukup signifikan dibandingkan Wali Kota Cup Solo 2022 lalu. Seperti diketahui pada tahun lalu terdapat 762 peserta yang bertanding pada 19 nomor dari berbagai kategori usia.

“Untuk tahun ini yang ikut sebanyak 1.373 pebulutangkis dari 225 klub dan mempertandingkan 29 kategori usia. Kenaikan jumlah peserta ini tak lepas dari status Polytron Wali Kota Cup Solo 2023 sebagai kejuaraan swasta nasional yang masuk kalender PBSI,” kata dia kepada wartawan di Solo, Minggu (4/6/2023).

Dengan kenaikan status tersebut, Tekno mengatakan para atlet yang berpartisipasi dan meraih gelar juara akan mendapatkan poin untuk meningkatkan peringkat mereka di level nasional. Sedangkan Polytron Wali Kota Cup Solo sebelumnya itu hanya kejuaraan  bulutangkis tingkat Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. 

“Hal ini tentunya menjadi magnet bagi para pebulutangkis dan klub yang ada di Indonesia untuk ikut serta dalam kejuaraan itu karena statusnya nasional,” sebutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kategori Usia

Ketua Pengprov PBSi Jawa Tengah Basri Yusuf memberikan apresiasi atas keseriusan penyelenggara yang menjadikan Polytron Wali Kota Cup Solo 2023 sebagai level nasional. Dengan kenaikan status itu kini yang berpartisipasi pun dari berbagai klub dan atlet dari seluruh Indonesia. Selain itu, penyelenggara juga memasukkan nomor pertandingan dewasa baik di partai tunggal ganda, dan ganda campuran.

“Kehadiran kelompok dewasa dalam Polytron Wali Kota Cup Solo 2023 ini bertujuan sebagai wadah uji kemampuan bagi para atlet junior yang baru beranjak dewasa. Karena di tingkat nasional, pertandingannya minim setahun mungkin hanya satu dua kejuaraan,” kata dia.

Seperti diketahui Polytron Wali Kota Cup Solo 2023 akan mempertandingan 26 kategori usia. Di level junior terdapat nomor tunggal putra dan tunggal putri (U-11, U-13, U-15, U-17, U-19)., ganda putra dan ganda putri (U-13, U-15, U-17 dan U-19), serta ganda campuran (U-15, U-17 dan U-19).

3 dari 3 halaman

Penerus Kejayaan Bulutangkis

Sementara itu Wakil Ketua Pelaksana Polytron Wali Kota Cup Solo 2023 Eddy Prayotno menyatakan panitia telah siap menyambut ribuan atlet bulutangkis yang datang dari penjuru Indonesia. Demi memastikan kejuaraan ini berjalan lancar, pertandingan akan digelar di tiga lapangan, yakni GOS Sritex A, GOR Sritex B dan GOR FKOR UNS.

“Mewakili seluruh panitia, kami mengucapkan selamat datang kepada para atlet. Manfaatkanlah kejuaraan ini dengan sebaik-baiknya. Tunjukkan kemampuan seoptimal mungkin di atas lapangan dan semoga melalui kejuaraan ini dapat lahir atlet-atlet yang bisa meneruskaan kejayaan bulutangkis Indonesia,” harapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat