uefau17.com

Butuh Waktu Lebih 3 Jam untuk Kendalikan Kebakaran Lahan di Banjarbaru - Regional

, Banjarbaru - Menjelang awal musim kemarau tahun ini, titik panas atau api (hot spot) di wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) mulai terlihat. Bencana asap akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) pun kini mulai mengancam.

Tim Karhutla Kalsel melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Prov Kalsel terus bersinergi dengan seluruh elemen untuk melakukan pencegahan dan pengendalian Karhutla. Sebagaimana kebakaran lahan yang terjadi di wilayah Kelurahan Landasan Ulin Kota Banjarbaru.

Kepala Pelaksana BPBD Kalsel R Suria Fadliansyah menyatakan pihaknya akan terus melakukan langkah-langkah strategis untuk mencegah dan menanggulangi bencana Karhutla di Kalsel.

"Kita kerahkan semua sumber daya yang ada, baik SDM petugas, sarana dan prasarana peralatan, kita tingkatkan kolaborasi juga dengan segenap komponen masyarakat,” kata Suria Fadliansyah, Rabu (17/5/2023).

Menindaklanjuti dari Satgas Karhutla BPBD Kalsel dan berbagai elemen terkait juga melakukan patroli ke wilayah Kelurahan Guntung Manggis dan Kelurahan Landasan Ulin Timur. Berdasar pada informasi dilaporkan adanya indikasi titik-titik yang perlu diwaspadai.

Kebakaran lahan terjadi tidak hanya di wilayah Kelurahan Landasan Ulin Timur namun juga di daerah perbatasan Kelurahan Guntung Manggis.

Informasi berawal dari Petugas Karhutla BPBD Kalsel, kemudian  informasi itu langsung direspon Tim Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BPBD Kalsel dengan meneruskan informasi ke Satgas Darat Penanganan Karhutla BPBD Kalsel. Selanjutnya dikoordinasikan kepada BPBD Kota Banjarbaru dan Manggala Agni serta pihak terkait lainnya.

Sementara itu, Satgas Darat BPBD Kalsel, Baihaqi Saputra menuturkan jika informasi hot spot yang terjadi di Banjarbaru diterima dari pusat pengendali atau Pusdalops sekitar pukul 14:33 Wita.

Kemudian BPBD Kalsel menurunkan 2 unit armada beserta personil pemadaman. Disebutkan kondisi kebakaran lahan cukup sulit dipadamkan karena akses jalan sangat terbatas.

Kendala lain menuju lokasi Karhutla dibarengi dengan kondisi arah angin dan jumlah vegetasi yang didominasi pohon galam mengakibatkan asap mengepul cukup tebal.

Selain Satgas Darat BPBD Kalsel, terlihat juga Petugas dari BPBD Kota Banjarbaru, Manggala Agni, Brimob Polda Kalsel, TNI dan pemadam swasta, bahu-membahu untuk memadamkan kebakaran lahan.

Adapun luasan lahan yang terbakar sekitar 5 hektare. Hingga pukul 17:30 Wita pemadaman di dua kelurahan dinyatakan aman namun masih terpantau ada beberapa titik asap tipis di luar jangkauan tim satgas darat. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat