uefau17.com

Berburu Kuliner Kaya Rasa di Pasar Gede, Pasar Tertua di Solo - Regional

, Solo - Kota Solo memiliki beragam wisata dan kuliner yang menarik untuk dicoba. Terdapat beragam wisata kuliner dengan ciri khas yang unik, salah satunya di Pasar Gede.

Pasar Gede Solo berada di Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta. Pasar ini merupakan pasar tertua di Kota Solo.

Mengutip dari surakarta.go.id, pasar ini sudah ada sejak 1927, yakni sejak masa pemerintahan Pakubuwono X. Dahulu, pasar ini menjadi tempat perekonomian utama di Kota Solo.

Beberapa makanan tradisional banyak dijajakan di sini. Berikut beberapa rekomendasi kuliner Pasar Gede Solo yang bisa kamu coba:

1. Ayam Goreng Pak Ali

Ayam Goreng Pak Ali menjadi tempat yang sering diburu di Pasar Gede untuk membeli oleh-oleh. Warung ini memiliki dua versi ayam goreng, yaitu goreng matang dan goreng setengah matang.

Berbeda dengan warung ayam goreng lainnya, ayam goreng di warung ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan besek. Hal itu menyebabkan sajiannya memiliki aroma lebih khas.

2. Es Dawet Telasih Bu Dermi

Saat siang hari, paling enak menikmati sajian minuman segar. Minuman segar di Pasar Gede bisa ditemukan di Es Dawet Telasih Bu Dermi.

Perpaduan santan kelapa yang gurih dan gula merah yang manis terasa nikmat disantap saat siang hari. Es dawet di tempat ini juga diberi tambahan telasih yang menjadi pembeda dengan es dawet lainnya.

3. Lenjongan dan Brambang Asem

Kuliner Solo lain yang patut diburu saat berada di Pasar Gede adalah lenjongan dan brambang asem. Lenjongan umumnya terdiri dari berbagai macam jajanan pasar, seperti ketan ireng (ketan hitam), tiwul, cenil, jongkong, uli, getuk tiwul, gatot, sawut, ketan putih, dan klepon.

Sementara itu, brambang asem adalah makanan berupa daun ketela yang direbus dan disiram saus asam manis. Brambang asem biasanya disantap bersama tempe gembus bacem.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nasi Liwet Bu Sri

4. Nasi Liwet Bu Sri

Nasi liwet memang bisa dengan mudah ditemukan di Solo, Namun, saat berada di Pasar Gede, kamu wajib mencoba Nasi Liwet Bu Sri.

Warung ini berlokasi di Jalan Suryopranoto Jalan Timur Pasar Gede, Kepatihan Wetan, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta. Kamu bisa langsung menuju deretan lapak penjual buah karena warung ini berada di posisi paling sudut.

5. Tahok

Tahok merupakan makanan Tionghoa yang dibawa masuk ke Solo. Makanan ini berbahan dasar kembang tahu dan disajikan bersama kuah air jahe yang manis.

Tahok memiliki tekstur yang lembut dan lumer di mulut. Makanan yang wajib diburu saat berada di Pasar Gede ini juga bisa memberikan efek rasa hangat di badan, sehingga cocok dikonsumsi saat masuk angin.

(Resla Aknaita Chak)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat