uefau17.com

Filosofi Tokoh Punakawan Jadi Alasan PKS Daftar ke KPU Diantar Semar - Regional

, Sukoharjo - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Sukoharjo mendaftarkan kuota maksimal bakal calon legislatif (bacaleg) mereka ke KPUD Kabupaten Sukoharjo.

Menariknya, puluhan bacaleg PKS Sukoharjo tersebut turut diantarkan oleh sosok pewayangan Semar, tokoh dengan ciri khas berbadan besar itu mengenakan kostum Semar dengan hiasan kepala putih.

Sosok Semar turut dibawa sebagai salah satu pengingat kepada seluruh kader PKS, bahwa filosofi sosok tersebut adalah membangun kebaikan.

Ketua DPD PKS Kabupaten Sukoharjo, Sigit Budi Raharjo mengatakan alasan membawa sosok Semar dalam pendaftaran bakal calon legislatif itu sebagai pengantar sesuai dengan filosofi sosok Semar itu sendiri.

"Filosofi Semar itu memiliki arti pembangun yang taat perintah Allah untuk kesejahteraan orang banyak," kata Sigit, di kantor KPU usai mendaftar, Jumat (12/5/2023).

Pihaknya menargetkan perolehan 10 kursi untuk bisa mencalonkan bupati dan wakil bupati. Pihaknya memanfaatkan kuota maksimal pengajuan bacaleg sesuai aturan yang berlaku di KPU.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target 10 Kursi untuk Bisa Calonkan Bupati

"Maksimalkan semua kuota bacaleg untuk mendapatkan 10 kursi di pemilu 2024. Jumlah incumbent kami ada lima, tapi hanya tiga yang mencalonkan lagi," ucap Sigit. 

Sigit melanjutkan, alasan dua anggota incumbent lainnya tidak mencalonkan lantaran keduanya ditargetkan berjuang di tingkat yang lebih luas jangkauan pilihannya. "Dua anggota incumbent tidak mencalonkan lagi, tapi mereka naik ke provinsi dan pusat," ujar dia

Menurutnya, pihaknya akan melihat peta politik dan lawannya nanti untuk menentukan targetnya. Namun, dirinya menyebut target awal mereka adalah 10 kursi di masing-masing dapil (daerah pemilihan).

"Kita juga melihat kondisi di lapangan, tapi kita harus (target) naik dari yang sebelumnya dapat kursi lima. Dengan harapan bisa menjagokan bupati dan wakil bupati, minimal 9 kursi," tutur dia.

Sementara itu, Ketua KPUD Kabupaten Sukoharjo, Nuril Huda mengatakan berkas pendaftaran bakal calon legislatif dari partai PKS itu dinyatakan lengkap dan sempurna. 

"Hari ini pukul 13.58 WIB dari DPD PKS mengajukan 45 bakal calon anggota DPRD. Mereka membawa maskot semar, dan pengajuannya Bacalegnya sudah kami periksa berkas lengkap dan diterima," ujar Nuril.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat