uefau17.com

Doa Amalan Jumat Terakhir Bulan Rajab - Regional

, Bandung - Hari ini, menjadi Jumat terakhir bulan Rajab 1444 H yang jatuh pada 17 Februari 2023. Pada Jumat terakhir bulan Rajab ini, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak doa.

Seperti diketahui, bulan Rajab merupakan satu bulan yang dimuliakan dalam Islam. Hal tersebut bahkan tercantum dalam surah At Taubah ayat 36 yang menyebutkan anjuran dalam beramal di bulan Rajab:

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya: “Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) ketetapan Allah (di Lauh Mahfuz) pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu padanya (empat bulan itu), dan perangilah orang-orang musyrik semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertakwa”

Amalan di Jumat terakhir bulan Rajab tentunya menjadi salah satu amalan yang dianjurkan kepada umat muslim. Seperti dikatakan Imam an-Nawawi dalam Kitab Al-Adzkar bahwa semua doa yang diucapkan selain pada Jumat diucapkan pula untuk Jumat. Namun dengan tambahan memperbanyak dzikir padanya lebih dari hari-hari lain karena disunnahkan.

Beberapa amalan yang bisa dilakukan oleh umat muslim bisa berpuasa, sedekah, istighfar, dan banyak amalan lainnya yang turut dianjurkan. Karena ada banyak kebaikan yang bisa kita lakukan sebagai salah satu bentuk amalan kita.

Adapun Rasulullah SAW juga memanjatkan doa ketika memasuki bulan Rajab agar diberkahi hingga Sya’ban serta dipertemukan dengan Ramadhan. Untuk itu, ada doa Rasulullah SAW ketika melihat hilal bulan Rajab seperti diriwayatkan Iman Ahmad dalam Kitab Musnad Ahmad berikut:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

(Allahuma barik lana fi rajaba wasya’bana waballighna ramadlana)

Artinya: “Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat