uefau17.com

5 Destinasi Wisata di Gantung Belitung Timur, Salah Satunya SD Laskar Pelangi - Regional

, Belitung - Kecamatan Gantung yang berada di Kabupaten Belitung Timur memiliki beragam destinasi wisata menarik. Kawasan ini sangat populer pada masanya setelah kehadiran novel dan film Laskar Pelangi.

Banyak wisatawan yang datang berkunjung untuk merasakan kehidupan Lintang dkk. Berikut beberapa destinasi wisata Belitung di Gantung yang wajib dikunjungi:

1. Bendungan Pice

Bendungan Pice yang berlokasi di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur, ini merupakan salah satu bendungan peninggalan Belanda yang sudah ada sejak 1930-an. Nama bendungan ini diambil dari nama arsiteknya yang merupakan orang Belanda, yakni Sir Vance.

Karena sulit mengeja nama Vance, Bendungan ini kemudian disebut dengan nama Pice. Versi lain menyebut, nama Bendungan Pice berasal dari penamaan orang China, yakni Pice (Phice) yang bermakna pintu air.

Menurut riwayatnya, bendungan yang memiliki pintu air berjumlah 16 dan panjang 79 meter ini dahulu digunakan untuk mengatur jumlah debit air Sungai Lenggang. Hal tersebut bertujuan agar kapal keruk bisa bekerja menambang timah.

Namun, setelah PT Timah bubar, Bendungan Pice kemudian hanya digunakan untuk keperluan irigasi tanah pertanian. Selain itu, bendungan ini juga digunakan sebagai jembatan penghubung ke Desa Cangguh.

2. Dermaga Kirana (Rumah Keong)

Sesuai namanya, destinasi wisata ini merupakan kawasan dengan bangunan unik mirip keong. Bangunan tersebut berlokasi di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur.

Rumah Keong terbuat dari rotan (dum). Kawasan ini merupakan bagian dari pengembangan wisata oleh investor, termasuk hotel di Desa Lenggang. Selain itu, terdapat Dermaga Kirana di sekitar Rumah Keong.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kampoeng Fifi

3. Kampoeng Fifi

Kampoeng Fifi berlokasi di Lenggang, Gantung, Belitung Timur. Sebelum berganti nama menjadi Kampoeng Fifi, kawasan wisata ini dahulu bernama Kampoeng Ahok.

Kawasan wisata ini dibangun dengan konsep terpadu, sehingga sangat menarik untuk dikunjungi. Selain itu, juga terdapat rumah panggung dan Sanggar Batik Simpor.

Para pengunjung bisa ikut belajar membatik dan melihat ragam koleksi batik di Sanggar Batik Simpor. Sementara itu, di rumah panggung, pengunjung bisa berwisata kuliner dan membeli aneka suvenir produk UKM Belitung Timur untuk oleh-oleh.

4. Museum Kata Andrea Hirata

Terkait Laskar Pelangi, terdapat salah satu museum sastra, yakni Museum Kata Andrea Hirata (Literature Museum of Andrea Hirata). Mengambil nama penulis Laskar Pelangi, Andrea Hirata, museum ini menjadi museum sastra pertama di Indonesia.

Saat memasuki museum ini, pengunjung akan merasakan suasana napak tilas kisah Laskar Pelangi. Beberapa hal yang dihadirkan di museum ini adalah foto-foto perjalanan karya novel Laskar Pelangi, termasuk salah satu foto dengan kutipan populer Andrea Hirata, "Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu”.

Museum ini terletak di Jalan Raya Laskar Pelangi No.7, Gantong, Belitung Timur. Sebagai museum sastra, lokasi ini juga terdapat perpustakaan dengan koleksi buku yang beragam.

5. Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi

Selain museum, juga terdapat Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi. Destinasi wisata ini berlokasi di Jalan Laskar Pelangi, Lenggang, Gantung, Belitung Timur.

Tempat ini merupakan salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi. Meski hanya replika, tetapi bangunan ini dibuat semirip mungkin dengan bangunan aslinya.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat