uefau17.com

Lantik Pengurus IMPP, Warga Padang Panjang di Jabodetabek Siapkan Baralek Gadang - Regional

, Jakarta - Ikatan Masyarakat Padang Panjang (IMPP) yang merupakan organisasi para perantau dari Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, segera melantik kepengurusan baru untuk periode 2022-2027. Pelantikan akan digelar di Balai Prajurit Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu (26/2/2023).

Menurut Ketua Umum IMPP Terpilih, Nasrul Naga, dalam perhelatan "Baralek Gadang Rang Padang Panjang" akhir pekan mendatang, diperkirakan dihadiri sekitar 1.000 orang.

"Angka itu merupakan gabungan dari para perantau asal Padang Panjang yang ada di Jabodetabek ditambah dengan Saudara-Saudara kami yang langsung datang dari Padang Panjang, para tokoh masyarakat serta pejabat publik yang kami undang untuk menghadiri Baralek Gadang ini," jelas Nasrul Naga kepada , Rabu (22/2/2023).

Pria yang karib disapa Uda Naga ini mengatakan, di antara tokoh perantau asal Padang Panjang yang akan hadir serta mendukung acara ini antara lain Nurhayati Subakat (Owner dan CEO Wardah), Suir Syam (mantan Wali Kota Padang Panjang yang kini Anggota DPR RI), Fasli Djalal (Rektor Universitas Yarsi) dan Irman Gusman (mantan Ketua DPD RI).

"Acara ini murni hasil gotong-royong masyarakat Padang Panjang, karena itu semua masyarakat Padang Panjang, baik di perantauan atau di kampung halaman bisa datang di acara Baralek Gadang ini," pungkas Uda Naga.

 

Sementara itu, Wakil Ketua Pelaksana Baralek Gadang, Met Kurniawan mengatakan, acara pelantikan pengurus baru IMPP ini akan dibagi dalam tiga sesi, di mana kegiatan akan berlangsung dari pagi sampai sore.

"Sesi pagi kita akan menggelar pengukuhan serta pelantikan Ketua Umum dan Pengurus IMPP periode 2022-2027. Sesi siang dilanjutkan dengan penampilan artis Minang yang antara lain akan menampilkan kesenian rabab serta lucky draw dengan hadiah yang menarik. Untuk sesi sore ada pertunjukan kim dengan pemenang utama akan mendapat hadiah sepeda motor dan hadiah menarik lainnya," jelas pemilik cafe ABBA ini.

Perantau Minang yang berdomisili di Kota Bogor ini juga mengatakan, sepanjang acara Baralek Gadang, panitia juga sudah menyiapkan bazzar kuliner khas Minang dengan melibatkan UMKM dari Jabodetabek maupun dari Padang Panjang.

"Ini merupakan sarana mempererat tali silaturahmi di antara warga perantau Padang Panjang di Jabodetabek yang sempat terhalang karena pandemi Covid-19. Jadi silakan Uda jo Uni, Adiak dan Kakak serta Dunsanak sadonyo hadir di Baralek Gadang Rang Padang Panjang," tandas Met Kurniawan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

IMPP Lahir Tahun 2011

Terbentuknya Ikatan Masyarakat Padang Panjang (IMPP) berawal dari diskusi-diskusi informal masyarakat perantau asal Padang Panjang pada awal Oktober 2011. Dari satu diskusi berlanjut ke diskusi berikutnya yang kemudian makin meyakinkan tekad para tokoh ini untuk membuat perkumpulan perantau asal Padang Panjang. Pada 4 Desember 2011 akhirnya menjadi hari lahirnya IMPP.

Menurut Ketua Umum IMPP periode 2016-2021, H Syahrizal dalam buku tentang IMPP, yang bisa bergabung dengan organisasi ini adalah mereka yang berasal, pernah tinggal, pernah bersekolah, pernah berusaha dan secara emosional punya keterkaitan emosional dengan Kota Padang Panjang.

Menurut Syahrizal yang biasa disapa Uda Karbud ini, beragam kegiatan sosial rutin dilakukan. Di antaranya menghimpun dana pendidikan untuk anak yatim dan kaum dhuafa yang ada di Padang Panjang dan di rantau, buka puasa bersama anak yatim, penggalangan dana hewan kurban untuk kegiatan di Padang Panjang serta pengajian bulanan.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat