uefau17.com

Sortali Samosir hingga Sirup Markisa Labuhan Batu Utara Mejeng di Perayaan HKSN 2022 - Regional

, Medan Sortali dari Kabupaten Samosir dan sirup markisa Labuhan Batu Utara, Sumatera Utara (Sumut) dipamerkan di perayaan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2022, di Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali.

Sortali adalah sejenis ikat kepala yang berasal dari kebudayaan Batak Toba. Sortali dan sirup markisa dipamerkan oleh Sentra Bahagia Medan, dan merupakan hasil karya para penerima manfaat di acara HKSN 2022.

"Para penerima manfaat itu berasal dari program Asistensi Rehabilitasi Sosial atensi Atensi yang berasal dari Sumut," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Unit Pelayanan Teknis Kementerian Sosial (UPT Kemensos) Sentra Bahagia Medan, Imam Imaduddin Hamdan, dalam keterangan diperoleh di Medan, Selasa (20/12/2022).

Karya para penerima manfaat program Atensi yang berasal dari Sumut berkesempatan ditampilkan di HKSN 2022. Karya yang dipamerkan diantaranya sortali, karya Opung Mai dari Samosir, dan sirup olahan buah markisa karya Candra, yang berasal dari Labuhan Batu Utara.

Perayaan HKSN di Bali dikolaborasikan dengan puncak perayaan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2022, dengan mengusung tema "Bangkit Bersama Membangun Bangsa".

** bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mensos Risma Sapa 8 Kabupaten dan 1 Kota

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini yang hadir langsung pada perayaan HKSN 2022 turut menyapa 8 kabupaten dan 1 kota, yang turut serentak melaksanakan perayaan HKSN 2022 di wilayahnya masing-masing melalui live streaming.

"Tema kegiatan sengaja kami buat Bangkit Bersama Membangun Bangsa, karena kita semua bersama-sama, tidak ada yang lebih tinggi dan tidak ada yang lebih rendah," ucapnya.

Risma juga memberikan penghargaan kepada sejumlah stakeholder yang selama ini mendukung pelayanan sosial kepada masyarakat. Baik dari unsur relawan, pendamping sosial, lembaga, dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Risma juga menyempatkan diri mengunjungi berbagai stan pameran milik satuan kerja yang ada di Kemensos dan Dinas Sosial.

"Dengan kesetiakawanan sosial, saya yakin Indonesia bisa lebih maju, dan bisa bersaing dengan negara lain," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Jangkau PPKS hingga Bali

Kemensos melalui Sentra Bahagia Medan jangkau Pemerlu Pelayanan Kesejahteraam Sosial (PPKS) hingga Kecamatan Penebel, Tabanan, Bali sebagai wujud dukungan dalam menyemarakkan perayaan HKSN 2022.

Adapun PPKS yang dijangkau Sentra Bahagia berjumlah 161 orang, terdiri dari berbagai kluster. Baik anak, disabilitas, lansia, maupun masyarakat kelompok rentan. Bantuan Atensi yang disalurkan Sentra Bahagia meliputi alat bantu seperti kursi roda sebanyak 4 unit, tongkat gurita 2 unit, tongkat pintar 1 unit, dan bantuan kewirausahaan untuk 1 orang penerima manfaat.

Tidak hanya alat bantu, Sentra Bahagia juga menyalurkan bantuan sosial Atensi berupa paket sembako dan nutrisi sebanyak 161 paket.

"Sekarang jadi bisa membawa-bawa Anita tanpa harus digendong. Anita sudah terlalu berat soalnya untuk digendong ke mana-mana," kata ibunda Anita, Sudarjana, saat mendampingi anaknya menerima bantuan kursi roda dari Sentra Bahagia.

Anita, bocah 7 tahun, merupakan salah satu PPKS disabilitas fisik. "Semangat ya Anita. Kami juga sangat apresiasi semangat ibu mendampingi Anita selama ini," ucap Iman, Plt Kepala Sentra Bahagia Medan saat memotivasi Anita dan ibunya.

4 dari 4 halaman

Penyaluran Bantuan Sosial

Kepala Desa Buruan, Kecamatan Penebel, Tabanan, Bali, Sudjarna mengatakan, "Kami dan seluruh masyarakat sangat berterima kasih kepada Sentra Bahagia yang sudah jauh-jauh datang dari Medan untuk memberikan bantuan sosial bagi warga kami."

Di Tabanan, penyaluran bantuan sosial dipusatkan pada masing-masing Balai Desa yang ada. Total jumlah bantuan yang disalurkan Sentra Bahagia berjumlah Rp 148.708.250.

Turut hadir pada kegiatan dimaksud Direktur Rehabilitasi Sosial Anak, dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tabanan.

"Bantuan ini sangat bermanfaat dan langsung menyentuh warga yang ada di sini, terima kasih Menteri Sosial Ibu Risma atas perhatiannya bagi warga kami," tutup Sudjarna.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat