uefau17.com

Mengenal Karawo, Pakaian Khas Gorontalo Bawa Bonebol Jadi Kabupaten Kreatif - Regional

, Gorontalo - Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), Provinsi Gorontalo kini ditetapkan sebagai kabupaten kreatif di Indonesia berdasarkan keputusan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia (RI).

Pakaian khas Gorontalo atau yang bisa disebut Karawo, yang menjadikan Kabupaten di ujung Provinsi Gorontalo ini, berhasil mendapatkan predikat itu. Musabab, Bonebol sendiri merupakan sentra penghasil kain Karawo, kerajinan tangan yang menjadi produk fashion dari Gorontalo.

Tim penilai dari Kemenparekraf RI telah melakukan proses seleksi dan validasi terhadap isian borang serta pembuatan video dari seluruh Kabupaten dan Kota yang menjadi peserta seleksi, pada 29 November 2022.

Pada tahap akhir, telah terbit Surat Keputusan Menparekraf/Kepala Baparekraf nomor SK/84/DI.01.00/MK/2022 tanggal 8 Desember 2022. Keputusan itu berisi tentang Penetapan Kabupaten dan Kota Kreatif Indonesia Tahun 2022, untuk 9 daerah di Indonesia.

Bone Bolango sendiri memilih kain karawo sebagai icon dalam penilaian ini. Bahkan, pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga pun telah melaksanakan fashion show karawo pada peringatan Hari Pahlawan 10 November kemarin.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan

Pada fashion karawo tersebut, ditampilkan sejumlah pakaian karawo yang telah didesain dengan berbagai tampilan dan tentunya tetap menampilkan ikonik daerah.

Bupati Hamim Pou mengucapkan rasa syukurnya dan mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh pihak yang telah menjadikan Bone Bolango sebagai Kabupaten Kreatif.

"Alhamdulillah Kabupaten Bone Bolango terpilih sebagai kabupaten kota kreatif kategori fashion pilihan juri dari kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif dan Badan Ekonomi Kreatif RI 2022," kata Hamim.

"Terima kasih Kekraf Bone Bolango dan seluruh pihak yàng menjadikan Bone Bolango kota kreatif. Ini merupakan kado istimewa," imbuhnya.

Karawo merupakan Bahasa Gorontalo yang artinya sulaman tangan, orang dari luar Gorontalo mengenalnya dengan sebutan kain Kerawang.

Kerajinan dengan ukiran dan model di sulaman kain karawo, hanya bisa dibuat oleh orang profesional dengan rangkaian kurasi yang cukup pelik sehingga membuat karawo ini semakin menarik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat