uefau17.com

5 Jurusan Sepi Peminat tapi Prospek Kerja Menjanjikan - Regional

, Bandung - Tidak semua jurusan kuliah yang paling banyak diminati itu akan lebih mudah mendapat pekerjaan nanti ketika lulus. Faktanya, jurusan sepi peminat juga dibutuhkan dalam dunia kerja loh.

Maka dari itu, sejak duduk di bangku sekolah, kita mesti menggali apa saja hal-hal yang kita ingin lakukan dan kita sukai agar kita tahu secara spesifik profesi kita di masa depan.

Tentu perlu perencanaan yang matang karena hal ini tidak bisa sembarangan. Selain cari tahu dari internet, kamu juga seringlah berbicara dengan orangtua dan guru untuk berkonsultasi perihal profesi yang kamu minati.

Untuk menuju profesi tersebut, tentu ada langkah pendidikan yang harus dilewati. Makanya, penting sekali untuk kita sedari dini mengenal apa saja ilmu yang bisa membawa kita ke tahap selanjutnya.

Sebelum itu, kamu juga boleh loh kepo dengan berbagai jurusan yang katanya kurang peminat. Jika kamu mau tahu apa saja jurusan tersebut, mari cek di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Oseanografi

Siapa nih di antara kamu yang suka laut? Jurusan Oseanografi merupakan cabang dari ilmu kelautan.

Jurusan Oseanografi mempelajari berbagai fenomena laut yang bisa diaplikasikan ke banyak bidang, seperti lingkungan, bencana laut, perikanan, dan lain-lainnya.

Lulusan Oseanografi juga dapat bekerja sebagai Coastal Modeler, Oceanographic Surveyor, Metocean Engineer, Hydrographic Surveyor, Oceanographer, Marine Seismic Navigator (Offshore Navigator), Marine Environmental Scientist, Peneliti di Berbagai Lembaga Swasta atau Pemerintahan, Menjadi Tenaga Pengajar, dsb.

2. Antropologi Sosial

Antropologi sosial adalah cabang ilmu antropologi yang mempelajari hubungan antara orang-orang dalam suatu kelompok masyarakat dan budaya suatu etnis, mulai dari perilaku dan keanekaragamannya. Cocok banget buat kamu yang memiliki ketertarikan dalam hubungan antar manusia dan budaya.

Lulusan antropologi sosial dapat bekerja di berbagai bidang dan memiliki prospek kerja yang luas. Namun pada umumnya, lulusan dari jurusan ini berkarir di bidang akademik dan riset. Prospek kerja lulusan antropologi sosial di antaranya adalah peneliti, dosen, wartawan, PNS, manajemen sumber daya manusia, konsultan masyarakat, dan masih banyak lagi.

3 dari 3 halaman

3. Ilmu Perpustakaan

Jurusan Ilmu Perpustakaan tidak hanya mempelajari ilmu perpustakaan, tetapi juga meliputi bidang arsip dan informasi. Jurusan ini cocok untukmu yang suka bermain dengan data, berkomunikasi dengan manusia, dan berimprovisasi di lembaga informasi.

Lulus dari jurusan Ilmu Perpustakaan berpeluang di banyak tempat karena hampir seluruh instansi membutuhkan tenaga ahli bidang kepustakaan dan kearsipan. Kamu bisa menjadi pustakawan, document controller, sekretaris, indexer, administrasi arsip, pemilik percetakan, dan penerbitan buku.

4. Astronomi

Jurusan Astronomi termasuk jurusan yang sepi peminatnya. Mungkin karena belum banyak yang mengetahui prospek kerja jurusan ini atau banyak yang menganggap terlalu sulit.

Jurusan ini cocok buat kamu yang suka mengamati benda langit. Karena, kamu akan fokus mempelajari tentang alam semesta dan benda-benda langit. Jika kamu ingin mempelajari Ilmu Astronomi, dibutuhkan kemampuan dan minat yang kuat dalam matematika dan fisika.

Lulusan Jurusan Astronomi punya prospek kerja yang cerah, loh! Profesi untuk lulusan jurusan ini antara lain adalah astronom, pegawai pemerintah, peneliti di berbagai lembaga-lembaga pemerintahan seperti BMKG, dan lain-lain.

5. Arkeologi

Jurusan arkeologi adalah kajian yang mempelajari manusia pada masa lalu maupun sekarang melalui peninjauan material yang ada. Dengan begitu kamu akan menganalisa dan mempelajari peninggalan purbakala, peristiwa masa lampau, hingga mempelajari artefak.

Selain itu, profesi dan karir lulusan jurusan Arkeologi cukup beragam yaitu Ahli Antropologi, Jurnalis Arkeologi, Sejarawan, Arkeolog, Penulis, Dosen, dan masih banyak lagi.

Penulis: Fathia Uqimul Haq

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat