uefau17.com

Siapa Bilang Oleh-Oleh dari Yogyakarta Cuma Bakpia? Yuk, Intip Variasi Lainnya - Regional

, Yogyakarta - Jika sudah mengunjungi Yogyakarta, rasanya kurang kalau tidak membawa buah tangan untuk sanak saudara di rumah. Bicara soal oleh-oleh Yogyakarta biasanya identik dengan bakpia.

Bakpia adalah makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula yang dibungkus dengan tepung lalu dipanggang. Bakpia ini pun sangat variatif, mulai dari coklat, keju, hingga kumbu hitam.

Namun, Yogyakarta tak hanya punya bakpia. Deretan makanan ini juga bisa dijadikan pilihan buah tangan:

1. Tiwul

Tiwul terbuat dari singkong dan memiliki rasa yang begitu khas. Tiwul biasa digunakan sebagai pengganti nasi.

Saat ini, banyak dijual tiwul instan, sehingga tak perlu khawatir akan keawetan makanan tersebut. Tiwul instan bisa dijadikan oleh-oleh dengan penyajian yang cukup direbus dan ditambahkan parutan kelapa di atasnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cokelat

2. Cokelat Monggo

Meski tampak modern dan bergengsi, Cokelat Monggo masih tergolong underrated jika dibandingkan dengan ketenaran bakpia. Meski demikian, rasanya tak perlu diragukan lagi.

Pengemasan Cokelat Monggo cukup eksklusif sekaligus tetap memasukkan unsur-unsur tradisional Jogja, seperti wayang. Cokelat Monggo bisa ditemukan di toko swalayan atau di beberapa pusat toko oleh-oleh.

3. Yangko

Jajanan khas dari Kotagede ini memiliki tekstur lembut dan kenyal. Rasanya yang manis dengan warna yang bermacam-macam pun akan menggoda siapapun yang pertama kali melihatnya.

Meski bentuknya sederhana, makanan yang memiliki ciri khas taburan tepung seperti kue mochi ini dijamin akan membuat ketagihan. Uniknya, warnanya yang bermacam-macam ini dibuat dari bahan pewarna alami seperti daun-daunan dan semacamnya.

4. Geplak

Sama seperti yangko, geplak juga memiliki rasa yang manis serta warna yang bermacam-macam. Bedanya, geplak memiliki tekstur yang lebih tak beraturan dan kasar.

Geplak terbuat dari kelapa dan biasanya dibungkus dengan menggunakan besek atau kotak yang terbuat dari anyaman bambu. Geplak terkesan jadul dan autentik, sehingga akan cocok dijadikan oleh-oleh.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat