uefau17.com

Amalkan Doa Nabi Yunus Saat Ditimpa Masalah Berat dan Rumit - Regional

, Jakarta - Hidup tanpa masalah adalah masalah itu sendiri, ungkapan tersebut sudah cukup menganggambarkan betapa manusia hidup selalu diliputi masalah. Perbedaan orang beriman dan tidak sangat kentara dari sikap mereka saat didera masalah dan musibah.

Masalah dan musibah tidak melulu suatu hal yang buruk. Musibah yang datang bisa jadi adalah anugerah Allah dengan cara yang lain. Namun demikian, banyak orang yang cenderung beranggapan bahwa musibah adalah penderitaan, dan tak mau mengambil hikmah di setiap masalah yang menimpa.

Kisah Nabi Yunus AS saat ditelan seekor ikan besar menjadi pelajaran berharga bagi banyak orang, khususnya orang Islam saat menghadapi musibah. 

Dikisahkan, Nabi Yunus AS berada dalam perut binatang laut itu selama 40 hari. Berkat kuasa dan kehendak Allah SWT, dirinya tetap bisa hidup dan keluar darinya dalam keadaan hidup.

Alkisah, Nabi Yunus meninggalkan umatnya yang bebal. Mereka terus berpaling darinya dan menyekutukan Allah SWT.

Sikap acuh tersebut mendapat teguran langsung dari Allah, yang termaktub dalam firman-Nya dalam surah Al Anbiya ayat 87.

وَذَا النُّوْنِ اِذْ ذَّهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ اَنْ لَّنْ نَّقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادٰى فِى الظُّلُمٰتِ اَنْ لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَۚ

“Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan sangat gelap: ‘Bahwa tak ada tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim."

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Nabi Yunus

Doa yang diucapkan Nabi Yunus dalam ayat Al-Qur'an tersebut kemudian dianjurkan oleh Rasulullah SAW dibaca oleh kaum muslimin kala mendapat musibah.

Rasulullah SAW bersabda, "Asma Allah yang apabila disebutkan dalam doa, pasti Dia memperkenankannya; dan apabila diminta dengannya, pasti memberi, yaitu doa Yunus ibnu Mata."

Berikut potongan ayat ke 87 surah Al Anbiya yang merupakan doa Nabi Yunus yang bisa kita baca kala mendapat musibah.

لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَۚ

Cara membacanya:

Laa ilaaha illa Anta, subhanaka innii kuntu minaz zalimim

Artinya:

"Tidak ada Tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim". (QS. Al Anbiya: 87)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat