uefau17.com

Ramadan Hampir Tiba, Kicak yang Manis dan Legit Bakal Jadi Primadona di Yogyakarta - Regional

, Yogyakarta - Ada banyak kuliner yang menjadi ciri khas berbagai daerah di Indonesia. Yogyakarta yang terkenal akan cita rasa masakan yang manis dan legit, juga punya kudapan yang khas tersendiri.

Makanan ini dikenal dengan nama kicak. Kicak merupakan makanan yang terbuat dari nasi ketan yang sudah ditumbuk halus menjadi jadah.

Tumbukan ketan ini lalu dicampur dengan gula, diberi taburan parutan kelapa, pandan, serta irisan buah nangka yang menjadi perasa utamanya. Rasa gurih dan manis bercampur dengan kerenyahan parutan kelapa dan gula yang manis.

Lebih istimewanya lagi ialah perpaduan aroma nangka dan daun pandan yang menggoda. Kuliner ini banyak dijual di pasar tumpah pinggiran Kota Yogyakarta.

Bahan baku pembuatan kicak cukup mudah didapatkan, yaitu singkong, nangka, kelapa muda, jadah ketan, gula pasir, vanili dan pandan. Setelah diolah maka singkong diparut lalu dicampur dengan beras ketan, daun pandan, serta potongan nangka.

Kudapan ini legit dan menarik yang dibungkus daun pisang dengan semburat kuning cantik dari nangka di dalamnya. Harganya pun mulai Rp 1.000 saja per bungkus.

Di Yogyakarta, terdapat warung kicak Mbah Yono, yang merupakan salah satu warung kicak legendaris di Kota Gudeg ini. Walaupun bungkus kicak cukup sederhana tetapi rasanya tak sesederhana bungkusnya.

Manisnya kicak ketika menyentuh lidah menjadi sensasi kelezatan tersendiri. Kuliner ini merupakan jajanan legendaris yang mulai terkenal sejak 1970-an.

Dulu, kicak hanya dapat ditemukan di pasar tiban Pasar Ramadan Kauman. Lambat laun, makin banyak masyarakat Kauman yang berdagang kicak ketika Ramadan datang.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

(Tifani)

Saksikan Video Pilihan Ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat