uefau17.com

Dawet Sambal Khas Kulon Progo, Minuman yang Menyalahi Kodrat - Regional

, Kulon Progo - Jika kuliner dawet biasanya dikenal dengan cita rasa yang manis dan menyegarkan. Dawet khas Kulon Progo ini sedikit berbeda.

Dilihat dari bentuknya, dawet yang satu ini seolah menyalahi kodrat sebagai minuman.

Bukan menggunakan santan cair dan siraman gula cair, dawet yang satu ini justru pakai sambal. Dawet sambal atau dawet pecel merupakan varian dawet yang memiliki cita rasa gurih.

Tampilannya mirip seperti soto ayam karena diberi kecambah. Ciri khas kuliner ini adalah sambalnya yang terbuat daging buah kelapa yang digoreng kering dan cabai.

Dawet khas Kulon Progo ini berisi adonan dawet yang terbuat dari tepung beras. Kemudian di atasnya ditambahkan kecambah pendek, taburan bawang merah, irisan kubis, sambal kacang dan sedikit gula merah cair dan santan.

Ada pula jenis dawet sambel yang disiram nira atau legen sebagai kuah. Dawet unik ini memiliki cita rasa gurih, manis dan sedikit pedas yang sangat pas. Dawet sambal ini sangat cocok dijadikan menu sarapan.

Meskipun penjual dawet sambal tidak banyak, wisatawan dapat mencicipi kuliner ini di area Sungai Mundal Kulon Progo. Satu porsi dawet sambal biasanya dibanderol dengan harga Rp 2.500 hingga Rp 4.000.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat