uefau17.com

Ramah Disabilitas, Polda Riau Luncurkan Mobil Pelayanan Saksi - Regional

, Pekanbaru - Polda Riau membuat terobosan dalam penegakan hukum, khusus dalam pemeriksaaan saksi perkara yang tengah diusut. Saat ini di Korps Bhayangkara Bumi Lancang Kuning sudah tersedia mobil pelayanan saksi.

Mobil pelayanan saksi Polda Riau ini ramah bagi penyandang disabilitas ataupun masyarakat berkebutuhan khusus. Ada 13 mobil yang sudah diresmikan oleh Wakil Kapolri Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono, Kamis siang, 20 Mei 2021.

Gatot mengatakan, pelayanan publik menjadi salah satu fokus Polda Riau meningkatkan kinerja untuk menciptakan kondusivitas.

Mobil ini akan dipergunakan untuk memudahkan pemeriksaan saksi, terlebih yang memiliki keterbatasan waktu dan jarak dalam memenuhi panggilan penyidik.

"Ataupun membutuhkan perlakuan khusus seperti disabilitas, lansia dan anak-anak untuk kepentingan penyelidikan dan penyidikan," kata Gatot di Polda Riau.

Mobil ini, sambung Gatot, meningkatkan pelayanan di kecamatan, khususnya Polsek yang tidak lagi memiliki kewenangan penyidikan.

"Ini mendukung Program Prioritas Kapolri sebagai Polri yang Presisi, khususnya dalam hal transparansi berkeadilan. Ini terobosan kreatif Polda Riau memberikan pelayanan prima kepada masyarakat," jelas Gatot.

Gatot menyatakan, adanya mobil ini juga meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada polisi. Apalagi kendaraan ini bisa untuk disabilitas yang perlu diminta keterangan sebagai saksi dalam penegakan hukum.

"Ini akan dilaporkan kepada Kapolri agar terobosan ini bisa dikembangkan oleh Polda Polda lain untuk membuat hal yang sama," ucap Gatot.

Simak juga video pilihan berikut ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat