uefau17.com

Laguna Alami Tiku, Mutiara Tersembunyi di Pesisir Kabupaten Agam - Regional

, Agam - Sumatera Barat memiliki pesona yang menakjubkan. Selain kaya akan budaya, provinsi ini juga memiliki kaya pemandangan alam, salah satunya Laguna Tiku. Laguna merupakan danau air asin alami dekat pantai yang dahulu merupakan bagian laut yang dangkal.

Peristiwa geografi membuat Laguna Tiku terpisah dari laut ini terletak di Jorong Sungai Nimbuang, Nagari Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Masyarakat setempat menyebut daerah ini dengan Muaro Putuih atau Muara Mati.

Ada filosofi terhadap pemberian nama Muara Putuih atau Muaro Mati, di mana Laguna Tiku atau danau air asin ini begitu tenang dan tak beriak tetapi tetap terdapat kehidupan beragam ikan di dalamnya.

Masyarakat sekitar juga banyak menemukan pensi dan langkitang atau sejenis kerang kecil berwarna hitam keabuan di perairan dangkal sebelum Laut Tiku ini.

Banyaknya kerang pensi dan langkitang di sekitaran laguna menjadi salah satu mata pencaharian warga sekitar.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spot Fotografi yang Unik

Bagi Anda pecinta fotografi, Laguna Tiku akan menjadi spot favorit. Apalagi, saat matahari mulai ke peraduannya, ajaib sekali pemandangannya.

Di objek wisata bahari ini terdapat potongan kayu bekas tebangan warga yang diletakkan tepat pada tepian bibir laguna.

Pohon kayu unik berduri ini tentu akan menjadi objek fotografi yang menarik untuk diabadikan. Selain itu, pada penghujung sore, mata pengunjung akan dimanjakan dengan penampakan matahari terbenam yang begitu indah.

Hal ini karena Laguna Tiku langsung terhubung dengan Laut Tiku yang tentunya menjadi spot keren untuk memotret sunset.

3 dari 4 halaman

Hutan Pohon Kelapa

Selain pemandangan laguna yang sangat menakjubkan, pada seberang sisi kiri laguna kita akan tertarik dengan keindahan susunan pohon kelapa menyerupai hutan.

Tak hanya itu, saat siang menjelang sore, pengunjung laguna ini akan dimanjakan dengan pemandangan sekumpulan kawanan kerbau yang akan mandi untuk mendinginkan badan mereka dibawah terik matahari.

Semua penampakan tersebut sangat epik untuk dinikmati ketika piknik bersama keluarga karena tepian laguna juga terdapat tanah lapang seperti padang rumput kecil.

Hutan pohon kelapa menambah keindahan untuk bersantai bersama keluarga. Menciptakan lukisan alam yang menakjubkan, dari kolaborasi keindahan laut, laguna, dan nyiur melambai dari pohon kelapa.

4 dari 4 halaman

Akses Lokasi Laguna Tiku

Sebenarnya lokasi laguna ini cukup mudah untuk ditemukan, berada di tepian jalan utama Padang Pariaman–Lubuk Basung.

Dengan jarak tempuh sekitar lebih 100 km dari Kota Padang, atau sekitar 2-3 jam berkendara. Lokasi ini merupakan jalan lintas menuju ke Kabupaten Pasaman Barat, atau objek wisata Danau Maninjau dengan kelok 44-nya.

Sungguh memiliki potensi laguna alami Tiku ini menjadi objek wisata Bahari. Masyarakat sekitar juga sangat menginginkan jika nantinya akan ada investor yang dapat menata lokasi tersebut. Sehingga dapat menjadi lebih nyaman untuk wisatawan karena masih belum ada fasilitas apa pun yang ada pada laguna ini.

Pemerintah setempat juga tampaknya belum begitu melirik potensi besar ini. Padahal, keindahan Laguna Tiku sungguh memikat hati tiap pengunjung yang mendatangi lokasi ini.

Namun, karena belum adanya fasilitas apa pun yang tersedia tentu mengurangi minat turis lokal ataupun domestik untuk berkunjung ke tempat ini lagi.

Laguna Tiku tentu akan menjadi sebuah objek wisata yang sangat unik jika dapat dikelola dengan baik. Saat sudah banyak masyarakat luar tertarik dan terus berkunjung, ekonomi masyarakat sekitar juga akan meningkat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat