uefau17.com

Senyum Arya Permana Saat Pulang Usai Operasi di RSHS Bandung - Regional

, Bandung Arya Permana (13), eks pasien obesitas telah menjalani operasi bedah plastik untuk pengambilan lemak di bawah kulit menggelambir pada lengannya. Senin (29/7/2019) siang, Arya diizinkan pulang ke rumah.

Sekitar pukul 12.30 WIB, Arya tampak meninggalkan ruang perawatan Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jawa Barat. Tampak wajah Arya berseri saat keluar dari ruangan.

Bahkan, Arya yang turut didampingi kedua orang tuanya Ade Somantri (43) dan Rokayah (37), sempat berfoto bersama tim perawat dan Direktur Utama RSHS Bandung, R. Nina Susana Dewi. Senyum Arya terkembang saat akan kembali ke Karawang.

Menurut Nina, operasi Arya berlangsung empat tahap. Pada tahap pertama, sekurangnya satu kilogram lemak di bawah kulit Arya Permana berhasil dibuang oleh tim dokter spesialis bedah plastik RSHS Bandung. Jumlah lemak itu masing-masing setengah kilogram dari lengan kiri dan kanan.

"Untuk pembiayaannya, Arya tidak diminta sepeserpun dari keluarga, sudah ada penyandang dana. Sebetulnya BPJS tapi secara estetika tidak ada klaim BPJS, sehingga kami cari dana dan Arya tidak perlu mengeluarkan uang sendiri," kata Nina.

Nina berharap kondisi Arya terus stabil hingga operasi dilaksanakan pada tahap berikutnya. Apalagi rencananya tim dokter bedah plastik akan membuang sebanyak-banyaknya lemak di tubuh Arya. Terutama di daerah lengan atas Arya masih terlihat besar akibat penumpukan lemak.

"Mudah-mudahan sehat terus bisa sampai empat kali operasi Arya Permana betul-betul obesitasnya tidak tampak lagi," ujarnya.

Menurut Nina, pemulangan Arya dilakukan setelah mendapatkan persetujuan tim dokter. "Operasinya kan luas sehingga perlu menjaga kebersihan. Sudah pulang ini berarti sudah agak kering juga," katanya.

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dianjurkan Tak Banyak Bergerak

Sementara itu, ayah Arya, Ade Somantri mengaku sangat bahagia anaknya sudah bisa kembali ke rumah.

"Menurut dokter, jahitannya sudah kering. Harapannya semoga sehat terus," ucap Ade. Ade mengaku diberi mandat oleh dokter untuk menjaga Arya. Salah satu permintaan dokter yaitu Arya tidak boleh banyak bergerak. "Selama satu bulan jangan terlalu banyak gerak," katanya.

Sebelumnya, Arya menjalani proses operasi bedah plastik tahap pertama. Durasi keseluruhan operasi tersebut, memakan waktu lima jam diperlukan oleh tim dokter RSHS Bandung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat