uefau17.com

Puncak Arus Balik Gelombang II di Merak Terjadi Malam Ini - Ramadan

, Cilegon - Sekitar 20% dari 647.800 pemudik yang hendak kembali ke kota perantauan setelah berlebaran di kampung halaman, diperkirakan akan memenuhi Pelabuhan Merak dan Terminal Terpadu Merak (TTM), Cilegon, Banten pada puncak arus balik gelombang kedua yang diperkirakan terjadi pada malam nanti.

"Sampai saat ini, pemudik yang sudah melakukan arus balik mencapai 80%," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) TTM Roby Hidayat, Sabtu (25/7/2015).

Guna mengantisipasi terjadinya penumpukan penumpang pejalan kaki, baik di Pelabuhan Merak ataupun di dalam TTM, Roby mengaku telah menyiapkan 1.200 bus yang siap mengantarkan penumpang ke berbagai daerah.

"Beberapa jurusan seperti Bandung, Bogor dan Cirebon, sudah mulai agak sepi penumpangnya. Itu akan digunakan untuk ke jurusan Jakarta yang masih padat penumpang. Kalau bus jurusan Jakarta sudah tidak bisa menampung penumpang lagi," terang Roby.

Selain itu, guna mempermudah koordinasi dan komunikasi, petugas dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun siap membantu kelancaran puncak arus balik gelombang kedua.

"Ada satu petugas dari Direktorat Kementerian Perhubungan yang akan diutus ke Pelabuhan Bakauheuni (Lampung) dan satu petugas lagi di di Pelabuhan Merak, untuk komunikasi terkait jumlah pemudik yang akan menyeberang," beber Roby.

Saat ini pihak Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) cabang Bakauheni, Lampung, mengoperasikan 28 feri atau kapal roro (roll on-roll off) untuk mengangkut pemudik dari Pulau Sumatera menuju Pulau Jawa pada puncak arus balik gelombang kedua malam nanti. (Ans/Mut)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat