uefau17.com

Sulit Menabung untuk DP Rumah? Simak Tipsnya! - Properti

, Jakarta Membeli rumah merupakan salah satu pembelian terbesar yang dilakukan oleh seseorang dalam hidupnya. Oleh karena itu tentu saja harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati.

Bagi pembeli pertama kali, persiapan membeli rumah bisa jadi merupakan momen yang paling menggembirakan, tetapi juga bisa terasa merepotkan karena ada banyak tantangan yang harus dilewati seperti uang muka, pengajuan KPR, dan pembayaran cicilannya.

Semuanya tentu akan menyeruak di pikiran Anda. Maka dari itu mulailah menabung untuk mengumpulkan uang mukanya dan cari informasi yang tepat tentang rumah yang Anda incar.

Mengurangi tumpukan utang & mengumpulkan dana darurat

Sebelum membeli rumah, perlahan-lahan bebaskan diri dari utang dan kurangi pengeluaran yang tidak penting. Selain itu, kumpulkan juga dana darurat yang dapat digunakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kebanyakan orang ingin cepat-cepat membeli rumah dan melupakan dua hal penting ini. Akibatnya mereka tidak memiliki dana ketika menghadapi masa-masa sulit, harus membayar biaya tak terduga, atau tiba-tiba kehilangan pekerjaan.

Menabung dan berinvestasi

Setelah mengetahui kemampuan Anda dalam melakukan pembelian rumah, sekarang saatnya untuk mulai menabung uang muka. Pilihan terbaik bagi kebanyakan orang adalah mendebet sebagian dari gaji mereka secara otomatis.

Selain menabung, berinvestasi juga dapat membantu Anda mencapai tujuan dan mengumpulkan uang muka yang dibutuhkan.

Lalu berapa jumlah uang muka yang harus Anda bayar? Uang muka adalah pembayaran pertama yang akan memberikan efek jangka panjang pada keuangan Anda berikutnya.

Secara umum, Anda perlu membayar uang muka minimal 25% dari harga rumah. Setelah membayar uang muka, Anda akan menentukan angsuran, contohnya ingin mencicil selama 5 tahun, 10 tahun, atau 15 tahun.

Kesabaran adalah kunci

Setelah menentukan anggaran dan uang muka terkumpul, sekarang saatnya membeli rumah. Hindari terbawa emosi dan jangan mudah jatuh cinta dengan tipe rumah atau lingkungan tertentu.

Kesabaran adalah kuncinya. Jika Anda tidak menemukan rumah dengan kisaran harga yang sesuai bujet, Anda perlu mencoba mencari lagi di lokasi lain. Membeli rumah yang tepat pada waktu yang tepat memang membutuhkan banyak persiapan dan kerja keras.

Foto Pixabay.com

Sumber: Rumah.com

Nur Rahma

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat