uefau17.com

Soal Wacana Duet Anies-Kaesang, PKS: Kami Enggak Ada Masalah dengan PSI - Pemilu

, Jakarta Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini menyatakan pihaknya tak masalah dengan wacana Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DKI Jakarta membuka wacana Anies Baswedan-Kaesang Pangarep di Pilkada Jakarta 2024. Ia juga mengaku antara PKS dan PSI tidak pernah ada masalah.

"Ya enggak ada masalah, jadi masalah apa? Komunikasikan mungkin saja," kata Jazuli di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (13/6/2024).

Meski demikian, Jazuli mengaku PKS belum mendeklarasikan dukungan baik ke Anies Baswedan maupun calon lainnya dalam waktu dekat.

"PKS masih melakukan pendalaman dengan calon-calon gubernur DKI. Kalau PKB sudah mendeklarasikan ya kita hormati tentu langkah PKB, tapi PKS juga di DPP kan harus melalui proses," kata Jazuli.

Ditanya soal apakah Kaesang Pangarep mumpuni memimpin Jakarta, Jazuli menilai antara kemampuan dan orang yang terpilih maju adalah dua hal berbeda.

Ketua DPW PKB DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas menyatakan akan membuka komunikasi dengan PSI usai resmi mengusulkan nama Anies Baswedan sebagai calon gubernur tunggal untuk Pilgub Jakarta 2024.

Komunikasi membahas terkait peluang duet Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta.

"Kita terbuka dengan wakil gubernur siapapun, termasuk dengan Mas Kaesang yang kemarin di media (bilang) bahwa Mas Kaesang mau menjadi wakil Pak Anies," kata Hasbiallah di DPW PKB Jakarta, Rabu (12/6/2024).

DPW PKB Jakarta mengusulkan nama Anies ke DPP PKB berdasarkan berbagai pertimbangan. Di antaranya, merujuk hasil survei dan usulan internal DPW PKB Jakarta.

"PKB sudah melakukan survei, yang paham Jakarta itu Anies Baswedan," ujar Hasbiallah.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anies Baswedan Bakal Sambangi DPW PKB DKI Jakarta Siang Ini

Mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Baswedan akan menyambangi Kantor Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) Jakarta Kamis siang ini, (13/6/2024).

Anies dijadwalkan akan bersilahturahmi dengan jajaran pengurus Dewan Syuro, Tanfidziah, dan jajaran DPW PKB DKI Jakarta sekira pukul 13.00 WIB. Adapun kunjungan ini dilakukan Anies sehari usai pernyataan dukungan dari DPW PKB DKI Jakarta.

DPW PKB DKI Jakarta pada Rabu 12 Juni 2024 secara resmi mengusulkan Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur Jakarta 2024 di Pilkada Jakarta. Anies jadi bakal calon gubernur tunggal yang didukung DPW PKB Jakarta.

"Pak Anies Insyaallah akan mengunjungi kami besok pukul 13.00 WIB," kata Ketua DPW PKB DKI Jakarta Hasbiallah Ilyas di Kantor DPW PKB Jakarta, Jakarta Timur, l Rabu 12 Juni 2024.

Dukungan diberikan ke Anies usai DPW PKB DKI Jakarta mendengarkan sejumlah masukan dan aspirasi dari berbagai elemen baik internal dan eksternal PKB.

"Dari sekian banyak yang mencalonkan ke DPW PKB DKI Jakarta, Alhamdulillah saya sebagai ketua DPW PKB DKI Jakarta mendengar aspirasi dari tingkat ranting PAC, DPC, sampai tingkat DPW," kata dia.

Menurut Hasbiallah, Anies juga sudah mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) yang dibuat PKB untuk menjaring kandidat calon kepala daerah di Pilkada 2024. Anies telah mengikuti UKK pada 6 Juni 2024 sebelum Raker Desk Pilkada PKB digelar.

"Acara puncak hari Sabtu 8-9 Juni itu kita mengerjakan Raker Desk Pilkada DKI Jakarta di Puncak (Bogor) untuk menentukan calon," ujar dia

3 dari 3 halaman

Kaesang Pangarep: Saya Enggak Masalah Kalau Nanti Dipasangkan dengan Pak Anies

Sementara itu, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengaku, tidak masalah jika dirinya akan dipasangkan dengan Anies Baswedan untuk di Pilkada 2024.

"Jadi ya saya enggak masalah juga kalau nantipun akan di pasangkan oleh Pak Anies," kata Kaesang kepada wartawan di DPP PSI, Jakarta, Rabu (12/6/204).

Putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu mengatakan, alasan dirinya mau dipasangkan Anies selain baik, tapi juga surveinya tinggi.

"Ya enggak masalah, saya kira itu juga baik. Dan kita lihat juga kan Pak Anies juga kalau kita lihat surveinya sekarang yang paling tinggi," kata Kaesang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat