uefau17.com

Cak Imin Sebut Khusus Pilkada Jawa Timur, Akan Ada Kejutan - Pemilu

, Jakarta - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengatakan akan ada kejutan di Pilkada Jawa Timur. Namun, tokoh-tokoh yang akan diusung sebagai calon gubernur Jawa Timur itu masih digodog.

"Nah khusus Jawa Timur, akan ada kejutan-kejutan. Tetapi masih dimatangkan," kata Cak Imin, Rabu, (1/5/2024).

Meski begitu, Cak Imin belum mau mengungkapkan apa kejutan yang ia maksud. 

"Pilkada minggu-minggu ini adalah konsentrasi saya dan DPP PKB, terutama menseleksi, menelusuri rekam jejak, menentukan tokoh," ujarnya.

Namun, ketika ditanya apakah dirinya juga akan maju di Pilkada Jatim, Cak Imin tak menjawab dengan gamblang.

"Nggak tahu, kan masih digodog," ujarnya.

Selain itu, Cak Imin menegaskan, jika partainya masih terbuka untuk siapapun yang mau maju di Pilkada 2024. Termasuk terhadap Khofifah Indarparawansa.

Namun, hingga kiki Khofifah belum mendaftarkan diri ke PKB. 

"Belum, belum daftar. Kita buka sampai menit terakhir, siapa pun boleh. Tidak tandingan, kalau Bu Khofifah daftar gimana? Kalau Bu Khofifah daftar," ungkapnya.

"Siapapun yang daftar, kita enggak boleh diskriminasi. Bahkan lawan politik pun boleh," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PKB Cari Tokoh yang Akan Diusung di Pilkada DKI Jakarta, Ini Kriterianya

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mencari tokoh yang akan diusung di Pilkada DKI Jakarta 2024. Ketua DPW PKB Jakarta, Hasbiallah Ilyas pun mengungkap ada 3 kriteria yang harus dimiliki oleh calon gubernur Jakarta tersebut.

“Pertama adalah mengerti dan memahami permasalahan yang dihadapi warga DKI Jakarta. Kedua, bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik dan Ketiga, sejalan atau selaras dengan visi dan misi PKB Jakarta sebagai partai terbuka,” ujar Hasbiallah seperti dikutip dari siaran pers, Selasa, (30/4/2024).

Menurut Hasbiallah, tiga kriteria tersebut penting. Sebab sebentar lagi Jakarta sudah tidak lagi menjadi Ibu Kota Negara. Karena itu, ke calon kepala daerah dari PKB harus sejalan atau selaras dengan visi dan misi PKB di Jakarta yang sejuk dan bisa menjadi rahmat bagi semua.

Maka dari itu, Hasbiallah memastikan partainya akan terbuka bagi partai lain yang ingin berkoalisi dengan untuk Pilkada Jakarta demi mendapatkan sosok potensial.

“PKB Jakarta siap berkoalisi dan mengusung calon potensial untuk maju di Pilkada 2024," jelas dia.

Hasbiallah memastikan, PKB Jakarta juga menyiapkan infrastruktur partai untuk Pilkada 2024. Dia pun optimis mampu menghidupkan aura PKB di DKI Jakarta dengan target menang.

"Kita siap menghidupkan aura PKB di Jakarta, untuk meraih target menang  Pilkada di Jakarta 2024," yakin  Hasbiallah.

3 dari 3 halaman

Capaian PKB di Jakarta Tinggi

Hasbiallah mengaku bersyukur atas capaian PKB Jakarta di Pemilu 2024. Diketahui, PKB mendapat 10 kursi DPRD dan 2 kursi DPR RI. Sebab menurut catatannya, PKB mendapat kenaikan paling tinggi di antara partai lainnya.

"Alhamdulillah di antara partai-partai peserta pemilu di Jakarta, PKB yang paling tinggi kenaikan suaranya, sampai 100 persen. PKB dapat 10 kursi DPRD dan 2 kursi DPR RI, hanya mleset sedikit," syukur dia.

Dengan perolehan suara tersebut, PKB Jakarta siap menjadi pengusung Cakada untuk Pilkada 2024 dan berproses mendapat sosok terbaik.

"Calon dan partai koalisi masih dalam proses, sambil melihat dinamika politik yang masih berkembang," Hasbiallah menandasi.

 

Reporter: Nur Habibie/Merdeka

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat