uefau17.com

Ketua Tim Pemenangan Tak Kunjung Diumumkan, Anies-Cak Imin Dinilai Bakal Hilang Momentum - Pemilu

, Jakarta - Pasangan bakal calon presiden dan wakil calon presiden Koalisi Perubahan, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) tak kunjung mengumumkan struktur dan ketua tim pemenangannya.

Direktur Lingkar Madani Indonesia, Ray Rangkuti mengatakan, bila penetapan ketua tim pemenangan semakin lambat dilakukan, maka Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar akan terlambat memaknai momentum.

"Ketua tim pemenangan fungsinya vital. Kan kerja-kerja tim harus sistematis dan terukur. Yah kalau belum ada, bagaimana melaksanakan hal tersebut?" kata Ray dalam keterangan tertulis, diterima Jumat (3/11/2023).

Ray menduga hal tersebut terjadi karena kriteria yang cukup banyak untuk sosok kandidat ketua tim pemenangan yang dicari. Selain itu, Ray menilai telah terjadi tarik ulur antara Surya Paloh dengan ketua umum partai pengusung lainnya sehingga Anies Baswedan tidak dapat bersikap.

"Lalu kenapa ketua partai masing-masing nggak setuju? Bisa macam-macam. Soal dominasi dan lain sebagainya. Atau bisa saja Surya Palohnya tidak mau atau saat Surya Paloh mau, tapi ketua partai lain nggak mau," jelas Ray.

Sementara itu, Founder Nilam Institut Muhammad Hakiki menyampaikan, sebaiknya ketua tim pemenangan AMIN segera diumumkan. Maka dengan begitu mesin politik para partai pengusung dan relawan akan dapat langsung bergerak.

"Jika terlalu lama, menurut saya Anies harus mengambil alih dan mengumumkannya, karena ini amat krusial," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Belum Umumkan Tim Pemenangan

Sebelumnya, bakal calon wakil presiden Koalisi Perubahan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengungkapkan alasan sampai saat ini ketua Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN) belum diumumkan ke publik.

"Saya dan Mas Anies menyerahkan pada BAJA, badan pekerja untuk merekrut. Saya tidak tahu siapa yang sudah dihubungi, siapa yang mau direkrut, belum tahu," kata Cak Imin usai menghadiri acara pelantikan dan deklarasi dukungan dari Anak Muda Indonesia (AMI) di Hotel Sofyan, Jakarta Pusat, Kamis (2/11/2023).

Saat ditanyai apakah ketua Timnas Pemenangan Anies-Muhaimin merupakan sosok yang dekat dengan Anies Baswedan, Cak Imin menyampaikan hal tersebut belum diputuskan.

"Belum, pokoknya tunggu saja, belum diputuskan," kata dia.

3 dari 3 halaman

Soal Kapten Tim Pemenangan AMIN

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga tidak menjawab lugas saat ditanya apakah figur tersebut ialah Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai NasDem Ahmad Ali, Eks Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti, hingga mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo. Dia meminta hal itu ditanyakan saja ke BAJA AMIN.

"Ya masih proses penggodokan, pematangan. Intinya kita BAJA sudah bekerja sambil menyiapkan tim yang akan dibawa ke KPU," kata Cak Imin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat