uefau17.com

Survei LPI: Ganjar Ungguli Prabowo dan Anies dalam Segmen Pemilih Emak-Emak - Pemilu

, Jakarta - Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas tiga bakal calon presiden yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Wakil Direktur LPI Ali Ramadhan menjelaskan, meski dilakukan dengan skala nasional, namun sumber responden dalam survei kali ini dibuat segmented yakni hanya memotret suara pemilih perempuan dan khususnya mereka yang masuk dalam kategori emak-emak.

“Dari segi jumlah, kaum ibu menempati porsi terbesar pemilih dibanding pemilih pria. Potensi dukungan itulah yang tidak akan dilewatkan oleh siapapun kandidat yang berkompetisi dalam ruang elektoral,” kata Ali saat pemaparan survei tersebut di Hotel Arya Duta Semanggi, Jakarta, seperti dikutip dari siaran pers diterima, Rabu (9/8/2023).

Ali mengungkap, terdapat sejumlah indikator yang menjadi tolak ukur dari survei yang diselenggarakan oleh LPI ini mulai 20 Juli 2023 dan berakhir pada 1 Agustus 2023. Rinciannya adalah Referensi Pemilih, Popularitas, Elektabilitas, Kompetensi, dan Leadership.

“Hasilnya, Ganjar Pranowo mendapat suara responden sebesar 32,5% dan disusul oleh Prabowo Subianto sebesar 31,75% kemudian Anies Baswedan sebesar 26,25%,” urai Ali.

Ali mengakui, secara umum, dari keseluruhan indikator, Ganjar Pranowo unggul tipis dengan Prabowo Subianto dan berjarak cukup jauh dengan Anies Baswedan. Artinya, dari uraian indikator ketiga nama tersebut Ganjar menjadi sosok yang lebih disukai oleh mayoritas emak-emak.

“Mayoritas responden menyukai Ganjar sebab dirasa dekat dengan relung kebatinan (mempunyai empati dan kepedulian yang tinggi) di kalangan emak-emak. Sebagian responden juga menyoroti (karakter) kepemimpinan kharismatik Ganjar yang unik, khas dan berbeda dengan kandidat capres lainnya,” jelas Ali

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ganjar Dicap Seorang yang Energik

Ali mengurai, menurut responden, Ganjar juga dicap seorang yang well communicated, energik good looking, inklusif, serta dianggap cekatan dalam memecahkan persoalan. Terlebih, intensi penggunaan platform media sosial Ganjar terbilang aktif meningkatkan popularitasnya di dunia maya.

“Ganjar Pranowo juga terkatrol dengan agenda blusukannya dan berinteraksi langsung dengan masyarakat akar rumput,” beber Ali.

Meski demikian, Ali meluruskan, bila dibandingkan secara rinci angka per angka di tiap skala indikator, belum ada sosok yang memiliki selisih suara mencapai 50 persen.

“Mayoritas responden masih melihat dan menantikan program kongkrit yang akan ditawarkan oleh setiap kandidat paslon. Sehingga belum ada yang mampu melampaui dukungan lebih dari 50%,” Ali menutup.

3 dari 3 halaman

Metode Survei

Sebagai informasi, populasi survei ini adalah kelompok perempuan yang memiliki hak pilih dan berusia lebih dari 17 tahun atau sudah 17 tahu atau sudah menikah. Total responden dalam survei ini adalah sebanyak 920 orang.

Teknik sampling yang digunakan pada riset ini adalah Systematic Random Sampling dimana subjek yang diambil sebagai sampel berasal dari populasi yang lebih besar serta dipilih secara sistematis dan acak sesuai dengan tujuan penelitian. Diketahui, margin of error dari survei ini adalah sebesar 3.2% pada tingkat kepercayaan ± 95%.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat