uefau17.com

Survei SMRC: Sandiaga dan AHY Cawapres Terkuat untuk Dampingi Anies Baswedan - Pemilu

, Jakarta - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei calon wakil presiden di Pilpres 2024. Hasilnya, nama Menparekraf Sandiaga Uno menjadi cawapres yang paling potensial untuk mendampingi bakal Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan.

Sandiaga menempati posisi teratas dengan angka 21,9 persen sebagai calon wakil presiden Anies.

"Untuk Anies berhadapan Ganjar dan Prabowo, 21,9 persen menilai Sandiaga Uno sebagai calon wakil presidennya yang paling baik," ujar Pendiri SMRC Saiful Mujani dalam keterangannya, Jumat (30/6/2023).

Nama Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono ada di urutan kedua dengan angka mencapai 16.7 persen sebagai calon wakil presiden yang cocok untuk mendampingi Anies menghadapi Ganjar dan Prabowo.

"Yang kompetitif untuk menjadi cawapres Anies adalah Sandiaga Uno dan AHY," jelas Saiful.

Saiful menjelaskan, survei dilakukan pada Mei 2023, sebelum Sandiaga resmi bergabung dengan PPP. Bila menghilangkan nama Sandiaga yang partainya mendukung Ganjar, maka AHY nama paling kompetitif mendampingi Anies.

"Karena itu, nama Sandiaga sekarang tidak bisa dianalisis sebagai calon wapres Anies, karena partainya sudah mendukung Ganjar. Karena itu, jika Sandiaga Uno dikeluarkan, maka AHY yang paling kompetitif untuk menjadi pendamping Anies. Selisih suaranya dengan tokoh lain cukup signifikan," jelas Saiful.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nama Tokoh Lain

Nama-nama tokoh cawapres untuk mendampingi Anies yang lainnya adalah, Erick Thohir 9,6 persen; Mahfud MD 9 persen; Khofifah Indar Parawansa 6,1 persen; Airlangga Hartarto 5,7 persen; Andika Perkasa 3,5 persen;

Selanjutnya, ada Ahmad Heryawan 1,9 persen; Said Aqil Siroj 0,8 persen; Yahya Cholil Staquf 0,5 persen; dan masih ada 24,3 persen yang belum menjawab.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat