uefau17.com

Tim Arjuna EV UGM Lolos Rain Test dalam Ajang FSAE Australasia 2023 - Otomotif

, Jakarta - Tim Arjuna EV dari Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi satu-satunya peserta asal Indonesia yang mengikuti ajang balap Formula SAE atau FSAE Australasia 2023 di Melbourne, Australia. Melalui ajang ini, tim yang berisikan mahasiswa tersebut berharap dapat membawa nama baik Indonesia di balap internasional.

Dalam kejuaraan ini, tim Arjuna EV UGM menurunkan mobil balap listrik bernama Phoenix: AF-04. Ini merupakan mobil balap keempat yang dibangun tim Arjuna EV UGM.

Berdasarkan akun resmi @arjunaugm, tim tampak mengikuti 'Mechanical Inspection' dan 'Tech Inspection' terhadap mobil balapnya. Untuk verifikasi mesin dan sistem komputer Phoenix: AF-04.

Dari unggahan akun Instagram itu, mobil balap Tim Arjuna EV UGM lolos dari panitia, karena mendapat stiker tanda validasi.

Pada hari kedua FSAE, jadwal Tim Arjuna EV lebih sibuk karena harus mengikuti beberapa rangkaian acara; 'Engineering Design Presentation', 'Cost Event', dan Business Presentation'.

Dalam prosesnya, Phoenix: AF-04 melalui beberapa inspeksi, salah satunya 'Accumulator Inspection' untuk mengecek baterai EV. Inpeksi selanjutnya, Phoenix: AF-04 tampak mengikuti 'EV Inspection' yang dilakukan dengan dua tahap. Tim Arjuna EV UGM kembali lolos, karena mendapat stiker tanda validasi.

Selain itu, dalam video yang dibagikan Tim Arjuna EV, Phoenix: AF-04 juga dinyatakan lolos Tilt Test dan Rain Test dalam FSAE Australasia 2023.

"Kelulusan keempat tim Formula Arjuna Electric Vehicle UGM di Rain Test. Mereka adalah FSAE EV Indonesia PERTAMA yang berhasil lolos Rain Test di dunia. Stiker dipasang Kapten Tim Arjuna Gen 11, Gusti Ngurah Bagus Suputra Wijaya," ungkap Tim Arjuna EV.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Formula SAE

Sekadar infomasi, Formula SAE adalah kompetisi bagi mahasiswa teknik di seluruh dunia untuk membangun mobil balap listrik.

Formula SAE mengharuskan peserta mempertimbangkan aspek performa, keandalan, efisiensi bahan bakar, dan kepatuhan terhadap spesifikasi.

Para peserta juga wajib melakukan presentasi bisnis. Tahun ini Formula SAE diadakan di kawasan Calder Park, Melbourne, hingga 17 Desember.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat