uefau17.com

Serba-serbi New Suzuki XL7 Hybrid, Produk Lokal yang Mendunia - Otomotif

, Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan produk SUV Hybrid terbaru, yakni Suzuki XL7 Hybrid pada 15 Juni 2023. Model anyar ini telah disematkan teknologi mild-hybrid untuk meningkatkan efisiensi energi. 

Seperti halnya Ertiga dan Carry pikap, Suzuki Indonesia menyebut XL7 Hybrid sebagai produk lokal lantaran model ini diproduksi di dalam negeri, tepatnya di pabrik mereka yang berada di kawasan Cikarang, Jawa Barat.

Tidak cuma diniagakan di dalam negeri, Suzuki XL7 Hybrid juga bakal diekspor ke sejumlah negara. Tentu saja ini membanggakan lantaran produk lokal mampu menembus pasar dunia.

Donny Saputra selaku Direktur Pemasaran PT SIS menyebut, Suzuki XL7 Hybrid bakal diekspor ke 25 negara. Dan pengapalan akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Kami siap ekspor XL7 Hybrid mulai Juli ini. Rencananya diekspor ke 25 negara dengan target 12 ribu unit sampai akhir tahun 2023," ujarnya saat peluncuran New Suzuki XL7 Hybrid di Senayan Park, Jakarta, Kamis (15/6/2023).

Adapun tujuan ekspor Suzuki XL7 meliputi negara-negara di ASEAN, Meksiko, Amerika Latin, dan negara-negara di kepulauan Pasific.

Terkait penyegaran yang dialami new Suzuki XL7, pada sisi eksterior, meliputi Front Grille Design, Black Alloy Wheel, Autolight with Guide Me Light, Auto Retractable Mirror, Tailgate Garnish Chrome, Short Pole Antenna, Hybrid Emblem, dan Alpha Emblem. Suzuki juga menghadirkan warna baru yakni Savana ivory - Black.

Sementara pada interiornya, sentuhan Gray - Black Color dan Black Wood Pattern Instrument Panel membuat XL7 Hybrid terasa elegan. Dan untuk joknya kombinasi kulit sintetis dengan fabric.

Pada varian tertingginya telah dilengkapi fitur Cruise Control dan spion tengah atau Smart E-Mirror dengan layar sentuh.

Dari segi performa, Suzuki XL7 Hybrid dipersenjatai mesin K15B 1.500 cc yang dipadukan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Jantung mekanis tersebut mampu menghasilkan daya 103 tk pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm di 4.400 rpm.

Untuk pilihan transmisi cukup lengkap, yakni manual 5-percepatan dan otomatik 4-percepatan. Sementara sistem mild hybrid-nya dikombinasikan dengan Integrated Starter Generator (ISG) dengan baterai Lithium-Ion berkapasitas 10Ah 12V.

Terkait baterai, kapasitasnya lebih besar dari Ertiga Hybrid yang hanya 6Ah. Kapasitas baterai XL7 Hybrid, sama persis dengan milik Grand Vitara.

"Dengan adanya kenaikan kapasitas baterai XL7 ini kami ingin meningkatkan daya penyimpanan energi yang tersedia sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar kepada konsumen pada saat mereka menggunakan teknologi SHVS secara maksimal," jelas Donny.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Garansi Baterai Diperpanjang

Untuk baterai ini, Suzuki memberikan garansi hingga delapan (8) tahun. "Ini berlaku tidak hanya untuk mereka yang akan membeli new XL7 Hybrid, tapi juga seri Suzuki Hybrid lainnya, seperti all-new Ertiga Hybrid dan Grand Vitara," terang Matsushita Ryohei, 4W Managing Director Sales & Marketing PT SIS.

"Luar biasanya, pelanggan yang sudah memiliki seri SVHS sebelumnya juga dapat menikmati keuntungan dari perpanjangan garansi ini," tambah Ryohei. Itu artinya, garansi baterai Ertiga Hybrid yang sebelumnya hanya lima (5) tahun jadi diperpanjang menjadi 8 tahun.

Mengenai teknologi SHVS, sistem ini diciptakan untuk efisiensi energi. Teknologi ini sendiri dibuat untuk sistem penggerak mesin, dan telah dilengkapi dengan Integrated Starter Generator (ISG) sebagai pengganti alternator konvensional yang mampu memberikan dukungan tenaga pada mesin, sehingga dapat meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Teknologi SHVS juga dilengkapi Lithium Ion Battery, yang dirancang untuk menyimpan tenaga yang dihasilkan oleh ISG dan akan digunakan ketika mesin membutuhkan dukungan tenaga. Teknologi SHVS ini mencakup efisiensi bahan bakar, ringan, dan kompak sehingga merupakan sistem yang ideal untuk mobil-mobil kompak.

Sementara itu, teknologi SHVS ini memiliki sistem kerja yang sederhana. Diawali ketika kendaraan pada posisi berhenti serta pengemudi tidak menginjak pedal dan gigi pada posisi N atau netral, maka secara otomatis kendaraan akan melakukan Engine Auto Stop yang berfungsi mematikan mesin, namun sistem kelistrikan tetap menyala. Kemudian, apabila pedal diinjak, secara otomatis ISG akan menyalakan kembali mesin kendaraan.

Suzuki juga mengklaim, XL7 Hybrid ini 15 persen lebih baik dalam mereduksi emisi gas buang dibandingkan model sebelumnya.

Kembali soal Suzuki XL7 Hybrid, mobil ini ditawarkan dalam banyak warna. Untuk XL7 Hybrid Alpha tersedia beberapa pilihan, seperti Savanna Ivory – Black, Sunrise Orange – Black, White – Black, dan Cool Black.

Sementara XL7 Hybrid Beta, pilihan warnanya meliputi Metallic Magma Grey, Pearl Brave Khaki, Snow White Pearl, dan Cool Black. Sedangkan XL7 Zeta, terdiri dari Metallic Magma Grey, Pearl Brave Khaki, Snow White Pearl, dan Cool Black.

Berikut daftar harga Suzuki XL7 on the road Jabodetabek:

  • XL7 Hybrid Alpha AT : Rp 304,9 juta
  • XL7 Hybrid Alpha MT : Rp 293,9 juta
  • XL7 Hybrid Beta AT : Rp 294,9 juta
  • XL7 Hybrid Beta MT : Rp 283,9 juta
  • XL7 Zeta AT : Rp 267,1 juta
  • XL7 Zeta MT : Rp 256,1 juta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat