uefau17.com

Jeep Renegade Juga Bisa Stoppie, Ini Buktinya - Otomotif

, Madrid - Manuver stoppie atau berhenti dengan roda belakang terangkat jamak dilakukan oleh sepeda motor. Namun jangan salah, mobil sebenarnya bisa juga melakukan atraksi seperti ini.

Di tangan Pablo David Gonzalez, wartawan otomotif asal Spanyol ini berhasil wheelie dengan Jeep Renegade. Pablo saat itu memacu crossover berpenggerak roda depan tersebut dengan kecepatan 135 km/jam dan kemudian mengerem hingga roda belakang terangkat.

Rupanya, aksi stoppie yang dilakukan Pablo pada 2015 lalu ada alasan logisnya, sebagaimana diungkapkan oleh Direktur Komunikasi Fiat di Spanyol. Menurut pihak Fiat, kendaraan yang digunakan Pablo merupakan protipe pra produksi dan sempat mengalami insiden yang disebabkan oleh korsleting pada sistem ABS, demikian dikutip Motortrend.

Pihak Fiat berpendapat sistem pengereman pada Renegade yang bermasalah ini secara proporsional mendistribusikan kekuatannnya ke roda depan. Setelah setahun berlalu, Pablo kembali beraksi stoppie menggunakan Renegade bermesin 2,0 liter dengan penggerak empat roda.

Pablo awalnya kesulitan bermanuver seperti 2015 lalu, namun ia akhirnya berhasil mengangkat roda belakang meskipun tidak ekstrim. Tantangan yang dihadapi Pablo ini sebenarnya karena adanya fitur Electronic Roll Mitigation dan Electronic Stability Control.

Bukannya bangga atas keberhasilan atraksi stoppie ala Pablo, Fiat malah menyelidiki potensi kegagalan dua fitur tadi. Seharusnya mobil tidak terangkat roda belakangnya saat pengereman.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat