uefau17.com

Toyota dan Mitsubishi Kalah Pamor dengan Merek Mobil Ini - Otomotif

, Pyongyang - Sebuah survei baru perihal penjualan kendaraan bermotor menujukkan hasil yang unik. Pasalnya, beberapa negara dikuasai pabrikan yang namanya cukup asing terdengar. 

Survei yang digelar oleh Autoexpress dan BestSellingCarsBlog ini misalnya, menemukan bahwa Hawtai Lusheng E70 menjadi model yang digemari di Korea Utara. Tentu hanya sedikit, atau bahkan tidak sama sekali, yang pernah mendengar merek Hawtai Lusheng.

Sementara di Iran, model bernama Samand yang diproduksi oleh Iran Khodro atau IKCO juga menjadi sedan paling laris dengan penjualan lebih dari 100 ribu unit.

Model itu sendiri didasarkan pada sedan Peugeot 405 yang tenar di beberapa negara lain. Peugeot Pars yang pada dasarnya merupakan facelift 405 ini bahkan merupakan mobil terlaris di Iran.

Sementara di Venezuela, model bernama Dongfeng Rich adalah mobil terlaris dengan penjualan mencapai 3.181 unit tahun lalu. Penjualannya bahkan mengalahkan Mitsubishi Lancer dan Toyota Corolla.

Beberapa merek lain yang namanya mungkin tidak familiar di telinga kita adalah Lada (dengan Lada Granta sebagai model paling laris di Rusia), Matchedje F16 (Mozambik), serta Mobius yang merupakan mobil nasional milik Kenya.

(rio/gst/sts)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat